HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IX SEMESTER GANJIL SMP SWASTA NUSANTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
ctrlnum |
20799 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR
DAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL
BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IX
SEMESTER GANJIL SMP SWASTA
NUSANTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN
PELAJARAN 2011/2012</title><creator>0713031029, Gummanti Alfiando</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Salah satu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan
melihat hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Hasil belajar merupakan suatu
pencapaian yang diperoleh oleh siswa dalam proses pembelajaran yang dituangkan
dengan angka maupun dalam pengaplikasian pada kehidupan sehari-hari atas ilmu
yang didapat. Untuk meningkatkan hasil belajar perlu diperhatikan faktor-faktor
internal dan eksternal. Faktor internal yang menunjang keberhasilan dalam belajar
antara lain minat dan cara belajar.
Rumusan masalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara minat
belajar dan cara belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester
ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 201 1/2012. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan cara belajar dengan
hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar
Lampung tahun pelajaran 2011/2012.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain
penelitian deskriptif asosiatifdengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi
penelitian ini berjumlah 225 orang dengan jumlah sampel berdasarkan pada rumus
Slovin sebanyak 1 44 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah
proportional random sampling. Pengujian hipotesis 1 dan 2 menggunakan korelasi
product moment sedangkan untuk menguji hipotesis 3 menggunakan korelasi
multiple.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka hasilnya sebagai berikut.
1. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan
hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara
Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukkan dengan
koefisien korelasi sebesar 0, 675 dan signifikansi koefisien korelasi
menunjukkan thitung > ttabel yaitu 10,893 dan t tabel 1,960 yang berarti
hipotesis diterima.
2. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar dengan hasil
belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar
Lampung tahun pelajaran 2011/201 2. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien
korelasi sebesar 0, 760 dan signifikansi koefisien korelasi menunjukkan thitung > ttabel yaitu 13,932 dan t tabel 1,960 yang berarti hipotesis diterima.
3. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan cara
belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil
SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 201 1/201 2. Hal ini
ditunjukkan dengan koefisien korelasi multiple sebesar 0,818 dan
signifikansi koefisien korelasi menunjukkan F hitung > F tabel yaitu sebesar
142,270 dan 3,065 yang berarti hipotesis diterima.</description><date>2012</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/1/2.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/2/1.%20Cover%20Judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/3/3.%20Cover%20Dalam.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/4/4.%20Lembar%20Persetujuan%20dan%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/5/5.%20Persembahan%2C%20Motto%2C%20Sanwacana%20dan%20Riwayat%20Hidup.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/7/bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/8/bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/9/bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/10/bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/11/bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/12/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> 0713031029, Gummanti Alfiando (2012) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IX SEMESTER GANJIL SMP SWASTA NUSANTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital library. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/20799/</relation><recordID>20799</recordID></dc>
|
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
0713031029, Gummanti Alfiando |
title |
HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR
DAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL
BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IX
SEMESTER GANJIL SMP SWASTA
NUSANTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN
PELAJARAN 2011/2012 |
publishDate |
2012 |
isbn |
9780713031027 |
topic |
A General Works = Karya Karya Umum |
url |
http://digilib.unila.ac.id/20799/1/2.%20Abstrak.pdf http://digilib.unila.ac.id/20799/2/1.%20Cover%20Judul.pdf http://digilib.unila.ac.id/20799/3/3.%20Cover%20Dalam.pdf http://digilib.unila.ac.id/20799/4/4.%20Lembar%20Persetujuan%20dan%20Pengesahan.pdf http://digilib.unila.ac.id/20799/5/5.%20Persembahan%2C%20Motto%2C%20Sanwacana%20dan%20Riwayat%20Hidup.pdf http://digilib.unila.ac.id/20799/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf http://digilib.unila.ac.id/20799/7/bab%201.pdf http://digilib.unila.ac.id/20799/8/bab%202.pdf http://digilib.unila.ac.id/20799/9/bab%203.pdf http://digilib.unila.ac.id/20799/10/bab%204.pdf http://digilib.unila.ac.id/20799/11/bab%205.pdf http://digilib.unila.ac.id/20799/12/Daftar%20Pustaka.pdf http://digilib.unila.ac.id/20799/ |
contents |
Salah satu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan
melihat hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Hasil belajar merupakan suatu
pencapaian yang diperoleh oleh siswa dalam proses pembelajaran yang dituangkan
dengan angka maupun dalam pengaplikasian pada kehidupan sehari-hari atas ilmu
yang didapat. Untuk meningkatkan hasil belajar perlu diperhatikan faktor-faktor
internal dan eksternal. Faktor internal yang menunjang keberhasilan dalam belajar
antara lain minat dan cara belajar.
Rumusan masalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara minat
belajar dan cara belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester
ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 201 1/2012. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan cara belajar dengan
hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar
Lampung tahun pelajaran 2011/2012.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain
penelitian deskriptif asosiatifdengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi
penelitian ini berjumlah 225 orang dengan jumlah sampel berdasarkan pada rumus
Slovin sebanyak 1 44 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah
proportional random sampling. Pengujian hipotesis 1 dan 2 menggunakan korelasi
product moment sedangkan untuk menguji hipotesis 3 menggunakan korelasi
multiple.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka hasilnya sebagai berikut.
1. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan
hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara
Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukkan dengan
koefisien korelasi sebesar 0, 675 dan signifikansi koefisien korelasi
menunjukkan thitung > ttabel yaitu 10,893 dan t tabel 1,960 yang berarti
hipotesis diterima.
2. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar dengan hasil
belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar
Lampung tahun pelajaran 2011/201 2. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien
korelasi sebesar 0, 760 dan signifikansi koefisien korelasi menunjukkan thitung > ttabel yaitu 13,932 dan t tabel 1,960 yang berarti hipotesis diterima.
3. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan cara
belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil
SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 201 1/201 2. Hal ini
ditunjukkan dengan koefisien korelasi multiple sebesar 0,818 dan
signifikansi koefisien korelasi menunjukkan F hitung > F tabel yaitu sebesar
142,270 dan 3,065 yang berarti hipotesis diterima. |
id |
IOS4198.20799 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:29:13Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:29:13Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096754975440896 |
score |
17.538404 |