ctrlnum 20799
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR&#xD; DAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL&#xD; BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IX&#xD; SEMESTER GANJIL SMP SWASTA&#xD; NUSANTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN&#xD; PELAJARAN 2011/2012</title><creator>0713031029, Gummanti Alfiando</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Salah satu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan&#xD; melihat hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Hasil belajar merupakan suatu&#xD; pencapaian yang diperoleh oleh siswa dalam proses pembelajaran yang dituangkan&#xD; dengan angka maupun dalam pengaplikasian pada kehidupan sehari-hari atas ilmu&#xD; yang didapat. Untuk meningkatkan hasil belajar perlu diperhatikan faktor-faktor&#xD; internal dan eksternal. Faktor internal yang menunjang keberhasilan dalam belajar&#xD; antara lain minat dan cara belajar.&#xD; Rumusan masalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara minat&#xD; belajar dan cara belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester&#xD; ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 201 1/2012. Penelitian ini&#xD; bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan cara belajar dengan&#xD; hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar&#xD; Lampung tahun pelajaran 2011/2012.&#xD; Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain&#xD; penelitian deskriptif asosiatifdengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi&#xD; penelitian ini berjumlah 225 orang dengan jumlah sampel berdasarkan pada rumus&#xD; Slovin sebanyak 1 44 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah&#xD; proportional random sampling. Pengujian hipotesis 1 dan 2 menggunakan korelasi&#xD; product moment sedangkan untuk menguji hipotesis 3 menggunakan korelasi&#xD; multiple.&#xD; Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka hasilnya sebagai berikut.&#xD; 1. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan&#xD; hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara&#xD; Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukkan dengan&#xD; koefisien korelasi sebesar 0, 675 dan signifikansi koefisien korelasi&#xD; menunjukkan thitung &gt; ttabel yaitu 10,893 dan t tabel 1,960 yang berarti&#xD; hipotesis diterima.&#xD; 2. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar dengan hasil&#xD; belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar&#xD; Lampung tahun pelajaran 2011/201 2. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien&#xD; korelasi sebesar 0, 760 dan signifikansi koefisien korelasi menunjukkan thitung &gt; ttabel yaitu 13,932 dan t tabel 1,960 yang berarti hipotesis diterima.&#xD; 3. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan cara&#xD; belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil&#xD; SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 201 1/201 2. Hal ini&#xD; ditunjukkan dengan koefisien korelasi multiple sebesar 0,818 dan&#xD; signifikansi koefisien korelasi menunjukkan F hitung &gt; F tabel yaitu sebesar&#xD; 142,270 dan 3,065 yang berarti hipotesis diterima.</description><date>2012</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/1/2.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/2/1.%20Cover%20Judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/3/3.%20Cover%20Dalam.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/4/4.%20Lembar%20Persetujuan%20dan%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/5/5.%20Persembahan%2C%20Motto%2C%20Sanwacana%20dan%20Riwayat%20Hidup.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/7/bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/8/bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/9/bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/10/bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/11/bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20799/12/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> 0713031029, Gummanti Alfiando (2012) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IX SEMESTER GANJIL SMP SWASTA NUSANTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital library. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/20799/</relation><recordID>20799</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author 0713031029, Gummanti Alfiando
title HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IX SEMESTER GANJIL SMP SWASTA NUSANTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
publishDate 2012
isbn 9780713031027
topic A General Works = Karya Karya Umum
url http://digilib.unila.ac.id/20799/1/2.%20Abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20799/2/1.%20Cover%20Judul.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20799/3/3.%20Cover%20Dalam.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20799/4/4.%20Lembar%20Persetujuan%20dan%20Pengesahan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20799/5/5.%20Persembahan%2C%20Motto%2C%20Sanwacana%20dan%20Riwayat%20Hidup.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20799/6/6.%20Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20799/7/bab%201.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20799/8/bab%202.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20799/9/bab%203.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20799/10/bab%204.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20799/11/bab%205.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20799/12/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20799/
contents Salah satu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan melihat hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Hasil belajar merupakan suatu pencapaian yang diperoleh oleh siswa dalam proses pembelajaran yang dituangkan dengan angka maupun dalam pengaplikasian pada kehidupan sehari-hari atas ilmu yang didapat. Untuk meningkatkan hasil belajar perlu diperhatikan faktor-faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang menunjang keberhasilan dalam belajar antara lain minat dan cara belajar. Rumusan masalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara minat belajar dan cara belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 201 1/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan cara belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif asosiatifdengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi penelitian ini berjumlah 225 orang dengan jumlah sampel berdasarkan pada rumus Slovin sebanyak 1 44 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah proportional random sampling. Pengujian hipotesis 1 dan 2 menggunakan korelasi product moment sedangkan untuk menguji hipotesis 3 menggunakan korelasi multiple. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka hasilnya sebagai berikut. 1. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0, 675 dan signifikansi koefisien korelasi menunjukkan thitung > ttabel yaitu 10,893 dan t tabel 1,960 yang berarti hipotesis diterima. 2. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/201 2. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0, 760 dan signifikansi koefisien korelasi menunjukkan thitung > ttabel yaitu 13,932 dan t tabel 1,960 yang berarti hipotesis diterima. 3. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan cara belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 201 1/201 2. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi multiple sebesar 0,818 dan signifikansi koefisien korelasi menunjukkan F hitung > F tabel yaitu sebesar 142,270 dan 3,065 yang berarti hipotesis diterima.
id IOS4198.20799
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:29:13Z
last_indexed 2017-04-20T08:29:13Z
recordtype dc
_version_ 1686096754975440896
score 17.538404