PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HAMA DAN PENYAKIT TUMBUHAN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terhadap aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretest posttest tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIC dan VIIId di SMP Negeri 1 Jatiagung Lampung Selatan yang dipilih secara cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-U. Data kualitatif berupa data aktivitas dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang menunjukan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, model inkuiri juga berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar dengan rata-rata persentase eksperimen = 78,26; kontrol = 73,96. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran yang digunakan. Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi hama dan penyakit pada tumbuhan. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Aktivitas, Hasil Belajar, Hama dan Penyakit Tumbuhan.