MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) KELAS IV SD NEGERI 1 ENGGAL BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Main Author: | 0913069146, YUNIATI |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/20455/1/0913069146-abstrak.pdf http://digilib.unila.ac.id/20455/2/0913069146-kesimpulan.pdf http://digilib.unila.ac.id/20455/3/0913069146-pendahuluan.pdf http://digilib.unila.ac.id/20455/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri I Enggal yaitu rendahnya hasil belajar Matematika siswa. Rendahnya hasil belajar ini disebabkan karena pembelajaran masih menggunakan model konvensional yang didominasi guru, permasalahan yang lain adalah bila diadakan ulangan harian hasil belajar matematika selalu dibawah standar rata-rata dibanding mata pelajaran lainnya, yaitu sebesar 6,0. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division (STAD) pada siswa kelas IV SD Negeri I Enggal Bandar Lampung. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi siswa dan guru untuk mengetahui aktivitas pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Tipe STAD, dan instrument tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Sedangkan analisis data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (%). Berdasarkan Hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh simpulan bahwa pembelajaran Matematika melalui Model Koopertif Tipe Student Teams Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika khususnya pada siswa kelas IV di SD Negeri I Enggal Bandar Lampung..