PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SCIENCE EDUCATION QUALITY IMPROVEMENT PROJECT PADA SISWA KELAS V SDN 3 SUKARAJA BANDAR LAMPUNG
Main Author: | 0913069130, Tiarlina |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/20453/1/0913069130-abstrak.pdf http://digilib.unila.ac.id/20453/2/0913069130-kesimpulan.pdf http://digilib.unila.ac.id/20453/3/0913069130-pendahuluan.pdf http://digilib.unila.ac.id/20453/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V yang rendah. Nilai rata rata prestasi mata pelajara IPA siswa kelas V SDN 3 Sukaraja pada uji tengah semester Tahun Pelajaran 2010/2011 belum mencapai ketuntasan. Tujuan penilitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan alat peraga Science Education Quality Improvement Project pada siswa kelas V SDN 3 Sukaraja Bandar Lampung semester II TP/ 2010 / 2011. Metode yang dipilih peneliti adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar setiap akhir siklus penelitian . Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus sederhana yaitu presentase. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas belajar siklus ke 1 rata rata 42 % , siklus ke 2 rata rata 72 % berarti meningkat 30 %, sedangkan hasil belajar siklus ke 1 rata - rata 54 % dan siklus ke 2 mencapai 87,5 %, maka hasil belajar siswa rata - rata meningkat 33,5 % , aktivitas belajar siswa pada siklus ke 3 mencapai rata rata 75 % sedangkan hasil belajar siswa mencapai 100%.