TANGGUNG JAWAB PT. TIKI JNE DALAM PENGIRIMAN BARANG TERHADAP KONSUMENNYA (Studi pada PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR Cab. Bandar Lampung)
Main Author: | 0642011204, HAWANI |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/20060/1/Fix%20Skripsi.pdf http://digilib.unila.ac.id/20060/ |
ctrlnum |
20060 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>TANGGUNG JAWAB PT. TIKI JNE DALAM PENGIRIMAN
BARANG TERHADAP KONSUMENNYA (Studi pada
PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR
Cab. Bandar Lampung)</title><creator>0642011204, HAWANI</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>ABSTRAK

PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir merupakan perusahaan pengiriman barang milik
swasta yang bergerak dibidang jasa. Banyaknya penduduk yang saling mengirim
barang dari tempat yang jauh membuat jasa pengiriman barang ini menjadi sangat
penting. Selama proses pengiriman barang kadang tidak selalu berjalan dengan
lancar, misalnya kemungkinan terjadinya bencana, baik yang berasal dari alam,
perbuatan manusia maupun dari sifat barang itu sendiri. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan tanggung jawab JNE dalam
perjanjian pengiriman barang apabila terjadi wanprestasi. Untuk itu, tujuan
penelitian ini adalah untuk memahami syarat dan prosedur perjanjian pengiriman
barang, hak dan kewajiban para pihak serta tanggung jawab JNE bila terjadi
wanprestasi.
Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif-terapan dengan tipe penelitian
deskriptif. Pendekatan masalah yang digunakan bersifat terapan. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan metode pengumpulan
data yang dilakukan dengan studi pustaka, dokumen dan wawancara. Setelah data
terkumpul, selanjutnya data diolah dengan cara pemeriksaan data, klasifikasi data,
dan penyusunan data. Analisis secara kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa syarat dalam pengiriman barang
yaitu dengan cara mengisi AWB (Air Waybill)/Connot, yaitu form pengisian
pengiriman barang. Air Waybill harus diisi dengan nama dan alamat yang
lengkap, jelas, benar dan terbaca agar barang atau dokumen yang akan dikirim
bisa sampai ke tempat yang dituju. Sedangkan prosedur dalam pengiriman barang
yaitu pemeriksaan terhadap barang-barang yang akan dikirim. Apabila barang
barang tersebut layak untuk dikirim, maka pihak JNE akan memproses
pengiriman barang/dokumen tersebut dengan mengeluarkan AWB (Air Waybill)
sebagai dokumen perjanjian pengiriman barang yang ditandatangani oleh kedua
belah pihak. AWB (Air Waybill) tersebut berisikan hak dan kewajiban para pihak.
Kewajiban perusahaan adalah menyiapkan barang yang akan dikirim dengan rapi, mengantarkan barang/dokumen sampai ketempat yang dituju, dan melindungi
barang/dokumen agar tidak rusak dan hilang. Hak perusahaan adalah berhak
mendapat keterangan mengenai sifat barang yang akan dikirim, menolak
permintaan pengiriman barang yang terlarang atau tidak sah dan menerima biaya
yang diperlukan dalam pengiriman barang. Sedangkan kewajiban konsumen
membukus barang yang akan dikirim dengan rapi, memberikan keterangan
mengenai sifat barang yang akan dikirim dan membayar biaya yang diperlukan
dalam pengiriman barang. Hak konsumen adalah mendapatkan tanda bukti
pengiriman, barang yang dikirim sampai tepat pada waktunya, dan konsumen
berhak menuntut ganti rugi jika terjadi kehilangan atau kerusakan barang yang
disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian dari perusahaan pengiriman/JNE atau
yang mewakilinya.
Tanggung jawab PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir terhadap barang yang hilang
atau rusak yaitu dengan cara mengganti kerugian sebesar 10 kali biaya
pengiriman, kecuali jika PT. Jalur Nugraha Ekakurir dapat membuktikan secara
benar dan jelas bahwa kesalahan tersebut bukan kesalahan dari PT. Jalur Nugraha
Ekakurir, melainkan akibat kelalaian dan kesalahan dari pihak pengirim barang
atau karena terdapat keadaan memaksa yang mengakibatkan barang muatan
tersebut tidak sampai di tangan pihak penerima barang, hal inilah yang
membebaskan PT. Jalur Nugraha Ekakurir dari tuntutan yang diajukan oleh pihak
pengirim barang.
Kata Kunci: Tanggung Jawab, Pengiriman Barang</description><date>2012-03-14</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/20060/1/Fix%20Skripsi.pdf</identifier><identifier> 0642011204, HAWANI (2012) TANGGUNG JAWAB PT. TIKI JNE DALAM PENGIRIMAN BARANG TERHADAP KONSUMENNYA (Studi pada PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR Cab. Bandar Lampung). Digital Library. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/20060/</relation><recordID>20060</recordID></dc>
|
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
0642011204, HAWANI |
title |
TANGGUNG JAWAB PT. TIKI JNE DALAM PENGIRIMAN
BARANG TERHADAP KONSUMENNYA (Studi pada
PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR
Cab. Bandar Lampung) |
publishDate |
2012 |
isbn |
9780642011206 |
topic |
A General Works = Karya Karya Umum |
url |
http://digilib.unila.ac.id/20060/1/Fix%20Skripsi.pdf http://digilib.unila.ac.id/20060/ |
contents |
ABSTRAK
PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir merupakan perusahaan pengiriman barang milik
swasta yang bergerak dibidang jasa. Banyaknya penduduk yang saling mengirim
barang dari tempat yang jauh membuat jasa pengiriman barang ini menjadi sangat
penting. Selama proses pengiriman barang kadang tidak selalu berjalan dengan
lancar, misalnya kemungkinan terjadinya bencana, baik yang berasal dari alam,
perbuatan manusia maupun dari sifat barang itu sendiri. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan tanggung jawab JNE dalam
perjanjian pengiriman barang apabila terjadi wanprestasi. Untuk itu, tujuan
penelitian ini adalah untuk memahami syarat dan prosedur perjanjian pengiriman
barang, hak dan kewajiban para pihak serta tanggung jawab JNE bila terjadi
wanprestasi.
Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif-terapan dengan tipe penelitian
deskriptif. Pendekatan masalah yang digunakan bersifat terapan. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan metode pengumpulan
data yang dilakukan dengan studi pustaka, dokumen dan wawancara. Setelah data
terkumpul, selanjutnya data diolah dengan cara pemeriksaan data, klasifikasi data,
dan penyusunan data. Analisis secara kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa syarat dalam pengiriman barang
yaitu dengan cara mengisi AWB (Air Waybill)/Connot, yaitu form pengisian
pengiriman barang. Air Waybill harus diisi dengan nama dan alamat yang
lengkap, jelas, benar dan terbaca agar barang atau dokumen yang akan dikirim
bisa sampai ke tempat yang dituju. Sedangkan prosedur dalam pengiriman barang
yaitu pemeriksaan terhadap barang-barang yang akan dikirim. Apabila barang
barang tersebut layak untuk dikirim, maka pihak JNE akan memproses
pengiriman barang/dokumen tersebut dengan mengeluarkan AWB (Air Waybill)
sebagai dokumen perjanjian pengiriman barang yang ditandatangani oleh kedua
belah pihak. AWB (Air Waybill) tersebut berisikan hak dan kewajiban para pihak.
Kewajiban perusahaan adalah menyiapkan barang yang akan dikirim dengan rapi, mengantarkan barang/dokumen sampai ketempat yang dituju, dan melindungi
barang/dokumen agar tidak rusak dan hilang. Hak perusahaan adalah berhak
mendapat keterangan mengenai sifat barang yang akan dikirim, menolak
permintaan pengiriman barang yang terlarang atau tidak sah dan menerima biaya
yang diperlukan dalam pengiriman barang. Sedangkan kewajiban konsumen
membukus barang yang akan dikirim dengan rapi, memberikan keterangan
mengenai sifat barang yang akan dikirim dan membayar biaya yang diperlukan
dalam pengiriman barang. Hak konsumen adalah mendapatkan tanda bukti
pengiriman, barang yang dikirim sampai tepat pada waktunya, dan konsumen
berhak menuntut ganti rugi jika terjadi kehilangan atau kerusakan barang yang
disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian dari perusahaan pengiriman/JNE atau
yang mewakilinya.
Tanggung jawab PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir terhadap barang yang hilang
atau rusak yaitu dengan cara mengganti kerugian sebesar 10 kali biaya
pengiriman, kecuali jika PT. Jalur Nugraha Ekakurir dapat membuktikan secara
benar dan jelas bahwa kesalahan tersebut bukan kesalahan dari PT. Jalur Nugraha
Ekakurir, melainkan akibat kelalaian dan kesalahan dari pihak pengirim barang
atau karena terdapat keadaan memaksa yang mengakibatkan barang muatan
tersebut tidak sampai di tangan pihak penerima barang, hal inilah yang
membebaskan PT. Jalur Nugraha Ekakurir dari tuntutan yang diajukan oleh pihak
pengirim barang.
Kata Kunci: Tanggung Jawab, Pengiriman Barang |
id |
IOS4198.20060 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:28:22Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:28:22Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096749660209152 |
score |
17.538404 |