UBUNGAN ANTARA CARA BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: 0713031002, ANJU PERDANA PUTRIFANI
Format: Article PeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/19652/1/0713031002-abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/19652/2/0713031002-kesimpulan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/19652/3/0713031002-pendahuluan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/19652/
Daftar Isi:
  • Salah satu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan melihat hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Hasil belajar merupakan suatu pencapaian yang diperoleh oleh siswa dalam proses pembelajaran yang dituangkan dengan angka maupun dalam pengaplikasian pada kehidupan seharihari atas ilmu yang didapat. Untuk meningkatkan hasil belajar perlu diperhatikan faktor-faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang menunjang keberhasilan dalam belajar antara lain cara belajar sedangkan faktor eksternal yang dapat menunjang keberhasilan pembelajaran antara lain media pembelajaran. Rumusan masalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara cara belajar dan pemanfaatan media berbasis ICT dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara cara belajar dan pemanfaatan media berbasis ICT dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto dan survey dan tergolong sebagai penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini berjumlah 164 orang dengan jumlah sampel berdasarkan pada rumus Slovin sebanyak 116 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah proportional random sampling. Pengujian hipotesis 1 dan 2 menggunakan korelasi product moment sedangkan untuk menguji hipotesis 3 menggunakan korelasi multiple. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka hasilnya sebagai berikut. 1. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0, 611 dan signifikansi koefisien korelasi menunjukkan t hitung > t tabel yaitu 8, 237 > 1, 981 yang berarti hipotesis diterima. 2. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media berbasis ICT dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0, 425 dan signifikansi koefisien korelasi menunjukkan t hitung > t tabel yaitu 5, 009 > 1, 981 yang berarti hipotesis diterima. 3. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar dan pemanfaatan media berbasis ICT dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0, 687 dan signifikansi koefisien korelasi menunjukkan F hitung > F tabel yaitu 50, 412 > 3, 077 yang berarti hipotesis diterima.