PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT

Main Author: 0643021056, Wahyu Kusumaningtyas Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
Format: Article PeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/18750/1/0643021056-abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/18750/2/0643021056-kesimpulan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/18750/3/0643021056-pendahuluan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/18750/
Daftar Isi:
  • Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain kemampuan awal dan motivasi belajar siswa. Proses pembelajaran akan berjalan lancar dan baik apabila siswa telah memiliki kemampuan awal dan motivasi yang memadai. Sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis akan tercapai. Rendahnya kemampuan awal dan motivasi belajar siswa ber- implikasi pada rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Metro. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terpilih kelas VIIIc dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari (1) Kemampuan awal dan motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 89 persen, (2) kemampuan awal terhadap kemampuan Wahyu Kusumaningtyas pemecahan masalah sebesar 65,6 persen, (3) motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 29 persen, dan (4) tidak ada pengaruh yang signifikan dari kemampuan awal terhadap motivasi dengan kontribusi sebesar 0,36 persen.