PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED (KWL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TOTOKATON KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH
Main Author: | 0613053023, Dwi Subekti |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/18727/1/0613053023-abstrak.pdf http://digilib.unila.ac.id/18727/2/0613053023-kesimpulan.pdf http://digilib.unila.ac.id/18727/3/0613053023-pendahuluan.pdf http://digilib.unila.ac.id/18727/ |
ctrlnum |
18727 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN
MELALUI STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED
(KWL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3
TOTOKATON KECAMATAN PUNGGUR
KABUPATEN LAMPUNG TENGAH</title><creator>0613053023, Dwi Subekti</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Nilai keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas V
SD Negeri 3 Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah belum
maksimal. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa rata-rata nilai mata
pelajaran bahasa Indonesia siswa belum mencapai KKM yang ditentukan sebesar
6,50. Rendahnya nilai membaca pemahaman tersebut disebabkan karena motivasi,
minat dan aktivitas siswa dalam proses membaca masih kurang. Upaya untuk
menciptakan proses membaca yang efektif perlu diperbaiki, salah satunya
menggunakan strategi Know-Want To Know-Learned (KWL).
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca
pemahaman bahasa Indonesia melalui strategi KWL. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Teknik pengumpul data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Alat pengumpul
data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam
penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Materi pembelajarannya adalah
peristiwa bencana alam dengan standar kompetensi memahami teks dengan
membaca sekilas pada siswa kelas V SD Negeri 3 Totokaton Kecamatan Punggur
Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2009/2010.
Aktivitas siswa siklus I sebesar 45,75% dan siklus II sebesar 65%. Hasil
penelitian diketahui rata-rata nilai hasil belajar membaca pemahaman sebesar 6,8
pada siklus I dan 7,8 pada siklus II. Sedangkan pada nilai Kecepatan Efektif
Membaca (KEM) terdapat peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 12,5% dan
siklus II menjadi 50% yang dihitung menggunakan rumus KEM dan berdasarkan
nilai hasil belajar. Kinerja guru juga meningkat yakni siklus I sebesar 60,93% dan
siklus II sebesar 67,96%. Dapat disimpulkan bahwa dengan strategi KWL dapat
meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 3
Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah.</description><date>2016-01-20</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/18727/1/0613053023-abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/18727/2/0613053023-kesimpulan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/18727/3/0613053023-pendahuluan.pdf</identifier><identifier> 0613053023, Dwi Subekti (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED (KWL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TOTOKATON KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Digilib Library. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/18727/</relation><recordID>18727</recordID></dc>
|
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
0613053023, Dwi Subekti |
title |
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN
MELALUI STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED
(KWL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3
TOTOKATON KECAMATAN PUNGGUR
KABUPATEN LAMPUNG TENGAH |
publishDate |
2016 |
isbn |
9780613053020 |
topic |
A General Works = Karya Karya Umum |
url |
http://digilib.unila.ac.id/18727/1/0613053023-abstrak.pdf http://digilib.unila.ac.id/18727/2/0613053023-kesimpulan.pdf http://digilib.unila.ac.id/18727/3/0613053023-pendahuluan.pdf http://digilib.unila.ac.id/18727/ |
contents |
Nilai keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas V
SD Negeri 3 Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah belum
maksimal. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa rata-rata nilai mata
pelajaran bahasa Indonesia siswa belum mencapai KKM yang ditentukan sebesar
6,50. Rendahnya nilai membaca pemahaman tersebut disebabkan karena motivasi,
minat dan aktivitas siswa dalam proses membaca masih kurang. Upaya untuk
menciptakan proses membaca yang efektif perlu diperbaiki, salah satunya
menggunakan strategi Know-Want To Know-Learned (KWL).
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca
pemahaman bahasa Indonesia melalui strategi KWL. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Teknik pengumpul data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Alat pengumpul
data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam
penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Materi pembelajarannya adalah
peristiwa bencana alam dengan standar kompetensi memahami teks dengan
membaca sekilas pada siswa kelas V SD Negeri 3 Totokaton Kecamatan Punggur
Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2009/2010.
Aktivitas siswa siklus I sebesar 45,75% dan siklus II sebesar 65%. Hasil
penelitian diketahui rata-rata nilai hasil belajar membaca pemahaman sebesar 6,8
pada siklus I dan 7,8 pada siklus II. Sedangkan pada nilai Kecepatan Efektif
Membaca (KEM) terdapat peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 12,5% dan
siklus II menjadi 50% yang dihitung menggunakan rumus KEM dan berdasarkan
nilai hasil belajar. Kinerja guru juga meningkat yakni siklus I sebesar 60,93% dan
siklus II sebesar 67,96%. Dapat disimpulkan bahwa dengan strategi KWL dapat
meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 3
Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. |
id |
IOS4198.18727 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:27:15Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:27:15Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096740394991616 |
score |
17.538404 |