PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED (KWL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TOTOKATON KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Main Author: 0613053023, Dwi Subekti
Format: Article PeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/18727/1/0613053023-abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/18727/2/0613053023-kesimpulan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/18727/3/0613053023-pendahuluan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/18727/
ctrlnum 18727
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN&#xD; MELALUI STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED&#xD; (KWL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3&#xD; TOTOKATON KECAMATAN PUNGGUR&#xD; KABUPATEN LAMPUNG TENGAH</title><creator>0613053023, Dwi Subekti</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Nilai keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas V&#xD; SD Negeri 3 Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah belum&#xD; maksimal. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa rata-rata nilai mata&#xD; pelajaran bahasa Indonesia siswa belum mencapai KKM yang ditentukan sebesar&#xD; 6,50. Rendahnya nilai membaca pemahaman tersebut disebabkan karena motivasi,&#xD; minat dan aktivitas siswa dalam proses membaca masih kurang. Upaya untuk&#xD; menciptakan proses membaca yang efektif perlu diperbaiki, salah satunya&#xD; menggunakan strategi Know-Want To Know-Learned (KWL).&#xD; Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca&#xD; pemahaman bahasa Indonesia melalui strategi KWL. Metode yang digunakan&#xD; dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research).&#xD; Teknik pengumpul data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Alat pengumpul&#xD; data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam&#xD; penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Materi pembelajarannya adalah&#xD; peristiwa bencana alam dengan standar kompetensi memahami teks dengan&#xD; membaca sekilas pada siswa kelas V SD Negeri 3 Totokaton Kecamatan Punggur&#xD; Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2009/2010.&#xD; Aktivitas siswa siklus I sebesar 45,75% dan siklus II sebesar 65%. Hasil&#xD; penelitian diketahui rata-rata nilai hasil belajar membaca pemahaman sebesar 6,8&#xD; pada siklus I dan 7,8 pada siklus II. Sedangkan pada nilai Kecepatan Efektif&#xD; Membaca (KEM) terdapat peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 12,5% dan&#xD; siklus II menjadi 50% yang dihitung menggunakan rumus KEM dan berdasarkan&#xD; nilai hasil belajar. Kinerja guru juga meningkat yakni siklus I sebesar 60,93% dan&#xD; siklus II sebesar 67,96%. Dapat disimpulkan bahwa dengan strategi KWL dapat&#xD; meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 3&#xD; Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah.</description><date>2016-01-20</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/18727/1/0613053023-abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/18727/2/0613053023-kesimpulan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/18727/3/0613053023-pendahuluan.pdf</identifier><identifier> 0613053023, Dwi Subekti (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED (KWL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TOTOKATON KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Digilib Library. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/18727/</relation><recordID>18727</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author 0613053023, Dwi Subekti
title PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED (KWL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TOTOKATON KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH
publishDate 2016
isbn 9780613053020
topic A General Works = Karya Karya Umum
url http://digilib.unila.ac.id/18727/1/0613053023-abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/18727/2/0613053023-kesimpulan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/18727/3/0613053023-pendahuluan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/18727/
contents Nilai keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 3 Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah belum maksimal. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa rata-rata nilai mata pelajaran bahasa Indonesia siswa belum mencapai KKM yang ditentukan sebesar 6,50. Rendahnya nilai membaca pemahaman tersebut disebabkan karena motivasi, minat dan aktivitas siswa dalam proses membaca masih kurang. Upaya untuk menciptakan proses membaca yang efektif perlu diperbaiki, salah satunya menggunakan strategi Know-Want To Know-Learned (KWL). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia melalui strategi KWL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik pengumpul data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Materi pembelajarannya adalah peristiwa bencana alam dengan standar kompetensi memahami teks dengan membaca sekilas pada siswa kelas V SD Negeri 3 Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2009/2010. Aktivitas siswa siklus I sebesar 45,75% dan siklus II sebesar 65%. Hasil penelitian diketahui rata-rata nilai hasil belajar membaca pemahaman sebesar 6,8 pada siklus I dan 7,8 pada siklus II. Sedangkan pada nilai Kecepatan Efektif Membaca (KEM) terdapat peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 12,5% dan siklus II menjadi 50% yang dihitung menggunakan rumus KEM dan berdasarkan nilai hasil belajar. Kinerja guru juga meningkat yakni siklus I sebesar 60,93% dan siklus II sebesar 67,96%. Dapat disimpulkan bahwa dengan strategi KWL dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 3 Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah.
id IOS4198.18727
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:27:15Z
last_indexed 2017-04-20T08:27:15Z
recordtype dc
_version_ 1686096740394991616
score 17.538404