UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 8 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Main Author: 0613053014, CITRA HAYUNINGTHIAS
Format: Article PeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/18724/1/0613053014-abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/18724/2/0613053014-kesimpulan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/18724/3/0613053014-pendahuluan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/18724/
ctrlnum 18724
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR&#xD; MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN&#xD; KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V&#xD; SEKOLAH DASAR NEGERI 8 METRO SELATAN&#xD; TAHUN PELAJARAN 2009/2010</title><creator>0613053014, CITRA HAYUNINGTHIAS</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Penelitian dilakukan di SD Negeri 8 Metro Selatan Kota Metro dengan&#xD; subyek penelitian seluruh siswa kelas V dengan jumlah 33 siswa terdiri dari 20&#xD; siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan SD Negeri 8 Metro Selatan. Waktu&#xD; penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010.&#xD; Penelitian dilakukan 3 siklus sebanyak 6 pertemuan dari bulan Januari-April&#xD; Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar&#xD; pada siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan Tahun Pelajaran 2009/2010 pada&#xD; pembelajaran matematika tentang bangun ruang (kubus, balok, prisma segitiga),&#xD; dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.&#xD; Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model&#xD; Koopertaif Tipe Jigsaw, dimana siswa dikelompokkan berdasarkan keahliannya.&#xD; Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tehnik tes dan tehnik&#xD; non tes. Berdasarkan analisis data menunjukkan 11 siswa (33,33%) memperoleh&#xD; nilai di bawah 6,5 dan 22 siswa (66,67%) dari 33 siswa memperoleh nilai di atas&#xD; 6,5. Dalam pelaksanaan tindakan siklus II menunjukkan 4 siswa (12,12%) dari 33&#xD; siswa mendapatkan nilai di bawah 6,5 dan sebanyak 29 siswa (87,88%)&#xD; mendapatkan nilai di atas 6,5. Pada siklus III menunjukkan 2 siswa (6,06%)&#xD; memperoleh nilai di bawah 6,5 dan 31 siswa (93,94%) dari 33 siswa memperoleh&#xD; nilai di atas 6,5.&#xD; Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe jigsaw pada&#xD; pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa&#xD; kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan tahun pelajaran 2009/2010.&#xD; Oleh karena itu disarankan kepada guru bidang studi Matematika agar&#xD; menggunakan model kooperatif tipe jigsaw sebagai salah satu alternatif&#xD; pembelajaran di sekolah dan kepada siswa terutama di SD Negeri 8 Metro&#xD; Selatan, kiranya dapat melatih diri terlibat aktif dalam proses pembelajaran.</description><date>2013-01-20</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/18724/1/0613053014-abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/18724/2/0613053014-kesimpulan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/18724/3/0613053014-pendahuluan.pdf</identifier><identifier> 0613053014, CITRA HAYUNINGTHIAS (2013) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 8 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digilib Library. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/18724/</relation><recordID>18724</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author 0613053014, CITRA HAYUNINGTHIAS
title UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 8 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
publishDate 2013
isbn 9780613053013
topic A General Works = Karya Karya Umum
url http://digilib.unila.ac.id/18724/1/0613053014-abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/18724/2/0613053014-kesimpulan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/18724/3/0613053014-pendahuluan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/18724/
contents Penelitian dilakukan di SD Negeri 8 Metro Selatan Kota Metro dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas V dengan jumlah 33 siswa terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan SD Negeri 8 Metro Selatan. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian dilakukan 3 siklus sebanyak 6 pertemuan dari bulan Januari-April Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan Tahun Pelajaran 2009/2010 pada pembelajaran matematika tentang bangun ruang (kubus, balok, prisma segitiga), dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Koopertaif Tipe Jigsaw, dimana siswa dikelompokkan berdasarkan keahliannya. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tehnik tes dan tehnik non tes. Berdasarkan analisis data menunjukkan 11 siswa (33,33%) memperoleh nilai di bawah 6,5 dan 22 siswa (66,67%) dari 33 siswa memperoleh nilai di atas 6,5. Dalam pelaksanaan tindakan siklus II menunjukkan 4 siswa (12,12%) dari 33 siswa mendapatkan nilai di bawah 6,5 dan sebanyak 29 siswa (87,88%) mendapatkan nilai di atas 6,5. Pada siklus III menunjukkan 2 siswa (6,06%) memperoleh nilai di bawah 6,5 dan 31 siswa (93,94%) dari 33 siswa memperoleh nilai di atas 6,5. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan tahun pelajaran 2009/2010. Oleh karena itu disarankan kepada guru bidang studi Matematika agar menggunakan model kooperatif tipe jigsaw sebagai salah satu alternatif pembelajaran di sekolah dan kepada siswa terutama di SD Negeri 8 Metro Selatan, kiranya dapat melatih diri terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
id IOS4198.18724
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:27:15Z
last_indexed 2017-04-20T08:27:15Z
recordtype dc
_version_ 1686096740383457280
score 17.538404