UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 8 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Main Author: | 0613053014, CITRA HAYUNINGTHIAS |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/18724/1/0613053014-abstrak.pdf http://digilib.unila.ac.id/18724/2/0613053014-kesimpulan.pdf http://digilib.unila.ac.id/18724/3/0613053014-pendahuluan.pdf http://digilib.unila.ac.id/18724/ |
ctrlnum |
18724 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR
MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V
SEKOLAH DASAR NEGERI 8 METRO SELATAN
TAHUN PELAJARAN 2009/2010</title><creator>0613053014, CITRA HAYUNINGTHIAS</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Penelitian dilakukan di SD Negeri 8 Metro Selatan Kota Metro dengan
subyek penelitian seluruh siswa kelas V dengan jumlah 33 siswa terdiri dari 20
siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan SD Negeri 8 Metro Selatan. Waktu
penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010.
Penelitian dilakukan 3 siklus sebanyak 6 pertemuan dari bulan Januari-April
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar
pada siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan Tahun Pelajaran 2009/2010 pada
pembelajaran matematika tentang bangun ruang (kubus, balok, prisma segitiga),
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model
Koopertaif Tipe Jigsaw, dimana siswa dikelompokkan berdasarkan keahliannya.
Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tehnik tes dan tehnik
non tes. Berdasarkan analisis data menunjukkan 11 siswa (33,33%) memperoleh
nilai di bawah 6,5 dan 22 siswa (66,67%) dari 33 siswa memperoleh nilai di atas
6,5. Dalam pelaksanaan tindakan siklus II menunjukkan 4 siswa (12,12%) dari 33
siswa mendapatkan nilai di bawah 6,5 dan sebanyak 29 siswa (87,88%)
mendapatkan nilai di atas 6,5. Pada siklus III menunjukkan 2 siswa (6,06%)
memperoleh nilai di bawah 6,5 dan 31 siswa (93,94%) dari 33 siswa memperoleh
nilai di atas 6,5.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe jigsaw pada
pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa
kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan tahun pelajaran 2009/2010.
Oleh karena itu disarankan kepada guru bidang studi Matematika agar
menggunakan model kooperatif tipe jigsaw sebagai salah satu alternatif
pembelajaran di sekolah dan kepada siswa terutama di SD Negeri 8 Metro
Selatan, kiranya dapat melatih diri terlibat aktif dalam proses pembelajaran.</description><date>2013-01-20</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/18724/1/0613053014-abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/18724/2/0613053014-kesimpulan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/18724/3/0613053014-pendahuluan.pdf</identifier><identifier> 0613053014, CITRA HAYUNINGTHIAS (2013) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 8 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digilib Library. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/18724/</relation><recordID>18724</recordID></dc>
|
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
0613053014, CITRA HAYUNINGTHIAS |
title |
UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR
MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V
SEKOLAH DASAR NEGERI 8 METRO SELATAN
TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
publishDate |
2013 |
isbn |
9780613053013 |
topic |
A General Works = Karya Karya Umum |
url |
http://digilib.unila.ac.id/18724/1/0613053014-abstrak.pdf http://digilib.unila.ac.id/18724/2/0613053014-kesimpulan.pdf http://digilib.unila.ac.id/18724/3/0613053014-pendahuluan.pdf http://digilib.unila.ac.id/18724/ |
contents |
Penelitian dilakukan di SD Negeri 8 Metro Selatan Kota Metro dengan
subyek penelitian seluruh siswa kelas V dengan jumlah 33 siswa terdiri dari 20
siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan SD Negeri 8 Metro Selatan. Waktu
penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010.
Penelitian dilakukan 3 siklus sebanyak 6 pertemuan dari bulan Januari-April
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar
pada siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan Tahun Pelajaran 2009/2010 pada
pembelajaran matematika tentang bangun ruang (kubus, balok, prisma segitiga),
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model
Koopertaif Tipe Jigsaw, dimana siswa dikelompokkan berdasarkan keahliannya.
Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tehnik tes dan tehnik
non tes. Berdasarkan analisis data menunjukkan 11 siswa (33,33%) memperoleh
nilai di bawah 6,5 dan 22 siswa (66,67%) dari 33 siswa memperoleh nilai di atas
6,5. Dalam pelaksanaan tindakan siklus II menunjukkan 4 siswa (12,12%) dari 33
siswa mendapatkan nilai di bawah 6,5 dan sebanyak 29 siswa (87,88%)
mendapatkan nilai di atas 6,5. Pada siklus III menunjukkan 2 siswa (6,06%)
memperoleh nilai di bawah 6,5 dan 31 siswa (93,94%) dari 33 siswa memperoleh
nilai di atas 6,5.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe jigsaw pada
pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa
kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan tahun pelajaran 2009/2010.
Oleh karena itu disarankan kepada guru bidang studi Matematika agar
menggunakan model kooperatif tipe jigsaw sebagai salah satu alternatif
pembelajaran di sekolah dan kepada siswa terutama di SD Negeri 8 Metro
Selatan, kiranya dapat melatih diri terlibat aktif dalam proses pembelajaran. |
id |
IOS4198.18724 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:27:15Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:27:15Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096740383457280 |
score |
17.538404 |