Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah empat kelas yang bukan merupakan kelas unggulan yaitu seluruh siswa kelas VIIIA-VIIID SMP Negeri 1 Terbanggi Besar sebanyak 136 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga terpilih 2 kelas yaitu VIIIB dan VIIIC. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only design. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa pemaham-an konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci : pemahaman konsep matematis, pengaruh, think pair share