Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis representasi kimia pada materi larutan penyangga, Mendeskripsikan karakteristik LKS , mendeskripsikan respon guru dan respon siswa terhadap LKS berbasis representasi kimia pada materi larutan penyangga,. Mengetahui kendala-kendala dan faktor pendukung yang ditemui ketika menggembangkan LKS berbasis representasi kimia pada materi larutan penyangga. Metode pe-nelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan yang terdiri dari tiga tahap yaitu 1) analisis kebutuhan, 2) perencanaan dan pengembangan, dan 3) evaluasi. Berdasarkan tanggapan Guru, LKS yang dikembangkan diperoleh data tentang aspek kesesuaian isi sebesar 85,00%, aspek keterbacaan sebesar 84,00% dan aspek kemenarikan sebesar 81,53% , sedangkan berdasarkan tanggapan siswa diperoleh data tentang aspek keterbacaan sebesar 87,46% dan aspek kemenarikan sebesar 85,13%. Hasil dari tanggapan Guru dan Siswa tersebut menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan memiliki kualitas sangat tinggi. Kata kunci: larutan penyangga, lembar kerja siswa, representasi kimia