Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPS Terpadu antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang diberi model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 208 siswa dengan sampel sebanyak 72 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen. Berdasarkan perhitungan t-test dengan menggunakan rumus separated varians terlihat bahwa thitung(7,152)> ttabel (1,997) berarti hipotesis penelitian diterima, yang menyatakan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional.