Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan aktivitas belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui keterampilan berbicara. (2) peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui keterampilan berbicaara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dan tes tertulis pada setiap akhir siklus. Data dianalisis secara kualitatif Kesimpulan penelitian adalah 1) aktivitas belajar keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mencapai KKM mengalami peningkatan, dengan rata-rata 66,92 pada siklus pertama menjadi 77,92 pada siklus kedua. 2) prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari 63,96% pada siklus pertama menjadi 74,79% pada siklus kedua. Sehingga mengalami peningkatan sebesar 10,83%. Kata Kunci : Keterampilan berbicara, STAD.