UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SUMBERREJO KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TP 2015-2016
ctrlnum |
16460 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SUMBERREJO KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
TP 2015-2016</title><creator>ZIRVITA ZIRVITA, 1313093159</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Masalah dalam penelitian ini adalah guru mengeluhkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Pembelajaran PKn di SDN 1 Sumberrejo Kecamatan Batanghari Lampung Timur hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70, sedangkan pencapaian hasil belajar siswa hanya 66,52. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga kurang merangsang siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran serta guru belum pernah menggunakan model pembelajaran Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas IV SD Negeri 1 Sumberrejo Kecamatan Batanghari Lampung Timur dengan menerapkan Model Contextual Teaching and Learning. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumen hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan Model Contextual Teaching and Learning dapat membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Dari serangkaian tindakan yang telah dilaksanakan tampak adanya perubahan yang berkelanjutan dalam aspek-aspek aktivitas siswa pada siklus I 74% meningkat pada siklus II sebesar 87% dan terjadi peningkatan sebesar 13%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 74,4 sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan dengan mencapai rata-rata 84,6. Peningkatan rata-rata siklus I ke siklus II adalah 10,2.
Kata Kunci : Aktivitas, model pembelajaran CTL, hasil belajar,</description><publisher>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</publisher><date>2015-12-11</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/2/COVER%20LUAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/3/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/4/DAFTAR%20GRAFIK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/5/DAFATAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/6/DAFTAR%20GAMABR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/7/DAFATAR%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/8/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/9/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/10/MOTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/11/PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/12/PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/13/PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/14/KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/14/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/15/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/16/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/18/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/17/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/19/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/16460/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> ZIRVITA ZIRVITA, 1313093159 (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SUMBERREJO KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TP 2015-2016. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/16460/</relation><recordID>16460</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
ZIRVITA ZIRVITA, 1313093159 |
title |
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SUMBERREJO KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
TP 2015-2016 |
publisher |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
publishDate |
2015 |
isbn |
9781313093156 |
topic |
LB1501 Primary Education |
url |
http://digilib.unila.ac.id/16460/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/2/COVER%20LUAR.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/3/COVER%20DALAM.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/4/DAFTAR%20GRAFIK.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/5/DAFATAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/6/DAFTAR%20GAMABR.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/7/DAFATAR%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/8/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/9/DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/10/MOTO.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/11/PERSETUJUAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/12/PENGESAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/13/PERNYATAAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/14/KATA%20PENGANTAR.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/14/PERSEMBAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/15/BAB%20I.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/16/BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/18/BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/17/BAB%20IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/19/BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unila.ac.id/16460/ |
contents |
Masalah dalam penelitian ini adalah guru mengeluhkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Pembelajaran PKn di SDN 1 Sumberrejo Kecamatan Batanghari Lampung Timur hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70, sedangkan pencapaian hasil belajar siswa hanya 66,52. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga kurang merangsang siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran serta guru belum pernah menggunakan model pembelajaran Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas IV SD Negeri 1 Sumberrejo Kecamatan Batanghari Lampung Timur dengan menerapkan Model Contextual Teaching and Learning. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumen hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan Model Contextual Teaching and Learning dapat membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Dari serangkaian tindakan yang telah dilaksanakan tampak adanya perubahan yang berkelanjutan dalam aspek-aspek aktivitas siswa pada siklus I 74% meningkat pada siklus II sebesar 87% dan terjadi peningkatan sebesar 13%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 74,4 sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan dengan mencapai rata-rata 84,6. Peningkatan rata-rata siklus I ke siklus II adalah 10,2.
Kata Kunci : Aktivitas, model pembelajaran CTL, hasil belajar, |
id |
IOS4198.16460 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:25:16Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:25:16Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096726878846976 |
score |
17.538404 |