EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI KOLOID
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mendeskrip¬sikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keteram¬pilan mengelompokkan dan pengu-asaan konsep pada materi koloid. Penelitian ini dilakukan di SMA YP Unila Bandar Lampung, metode yang digunakan yaitu pre-eksperiment dengan One Group Pretest Posttest Design. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan selisih rerata skor pretest dan posttest. Hasil penelitian me-nunjukkan n-gain keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep pada materi koloid berturut-turut 0,41 dan 0,29. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep sis-wa kelas XI IPA4 pada materi koloid. Kata kunci: pembelajaran problem solving, keterampilan mengelompokkan, penguasaan konsep.