PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VA SDN 08 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN 08 Metro Timur. Siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum sebesar 55,56%, sementara itu nilai rata-rata kelas hanya sebesar 45,41. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 3 kali pertemuan. Alat pengumpulan data penelitian ini berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran. Sedangkan tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup aktif dengan rata-rata persentase 59,78%, siklus II kualifikasi aktif dengan rata-rata persentase 72,05% dan pada siklus III menjadi sangat aktif dengan rata-rata persentase 81,37%. Hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus I yaitu sebesar 62,96% dengan rata-rata nilai 56,11, siklus II menjadi 74,07% dengan nilai rata-rata 66,11 dan pada siklus III meningkat menjadi 88,89% dengan rata-rata nilai menjadi 74,67. Peningkatan nilai rata-rata yang terjadi antara siklus I ke siklus II sebesar 10 dan siklus II ke siklus III sebesar 8,56. Kata kunci: model cooperative learning tipe jigsaw, aktivitas dan hasil belajar