EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA ( Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Way Seputih Tahun Pelajaran 2014/2015)

Main Author: Citra Ayu Murti, 1113021017
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/16265/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/2/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/3/COVER%20LUAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/4/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/5/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/6/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/7/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/8/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/9/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/10/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/11/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/12/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/13/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/14/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/15/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/16/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/17/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/18/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/19/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/20/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/21/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/16265/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model problem based learning ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Way Seputih Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari enam kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest – postest control design. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata skor gain pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional, dan persentase siswa tuntas belajar pada kelas yang menggunakan model PBL mencapai 64%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model PBL tidak efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tetapi lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Efektivitas, PBL, Pemahaman Konsep.