EFEKTIVTAS MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDEFINISIKAN DAN MENARIK KESIMPULAN PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran advance organizer dalam meningkatkan keterampilan mendefinisikan dan mena-rik kesimpulan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Subjek dalam pe-nelitian ini adalah siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen, One-Group Pretest-Post-test Design. Data dalam penelitian ini dalah data primer yang bersifat kuan-titatif yang bersumber dari hasil test sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pem-belajaran. Hasil penelitian menunjuk¬kan bahwa nilai rata-rata n-gain keterampilan mendefinisikan sebesar 0,48 efektivitasnya termasuk dalam kategori sedang dan rerata n-gain keterampilan menarik kesimpulan sebesar 0,54 efektivitasnya ter-masuk dalam kategori sedang. Kesimpulan pembelajaran advance organizer efek-tif dalam meningkatkan keterampilan mendefinisikan dan menarik kesimpulan. Kata kunci: advance organizer, keterampilan mendefinisikan dan menarik kesimpulan