Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil wawancara serta studi dokumentasi yang diberikan oleh guru kimia kelas X1 SMA Negeri 7 Bandar Lampung diperoleh data bahwa rata-rata nilai pengusaan konsep kimia siswa kelas X1 pada materi pokok hidrokarbon tahun pelajaran 2009-2010 yaitu sebesar 57,91 dan hanya 43,75% siswa yang memperoleh nilai ≥ 65. Nilai tersebut belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diterapkan di SMAN 7 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2009-2010 yaitu 100% siswa yang mencapai nilai ≥ 65. Sedangkan pada Tahun Ajaran 2010-2011 Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) yang diterapkan yaitu 100% siswa yang mencapai nilai ≥ 68. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan : (1)Rata-rata persen- tase aktivitas belajar on task (2)Rata-rata penguasaan konsep kimia (3)Persentase ketuntasan belajar siswa, melalui pendekatan tutor sebaya pada materi pokok hidro- karbon dari siklus I ke siklus II. Penelitian tindakan kelas (PTK)ini dilaksanakan dalam dua siklus, subjek penelitian adalah siswa kelas X1 SMA N 7 Bandar Lampung TP 2010-2011 yang berjumlah 32 orang. Data penelitian terdiri dari data aktivitas on task, dan data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan: (1)rata-rata persentase setiap jenis aktivitas on task siswa, dari siklus I ke siklus II adalah sebagai berikut: Aktif bertanya kepada guru sebesar 17,95% ; Aktif dalam diskusi kelompok sebesar 5,15% ; Aktif dalam mengemukakan pendapat sebesar 16,66%; Aktif dalam mengerjakan LKS sebesar 14,09. (2)persentase penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II sebesar 15,27%,. (3)ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 26,93%.