ctrlnum 1575
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI&#xD; MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD&#xD; TOGETHER (NHT) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN&#xD; MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI&#xD; (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Natar Tahun&#xD; Pelajaran 2013/2014)</title><creator>Rusli RA,, VIVIEN BARCELLENA FENTISARI</creator><subject>HB Economic Theory</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar IPS Terpadu siswa&#xD; melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan&#xD; Group Investigation (GI) dengan memperhatikan motivasi berprestasi siswa pada&#xD; mata pelajaran IPS Terpadu. Kedua model tersebut diterapkan di kelas yang&#xD; berbeda. Model Number Head Together (NHT) pada kelas eksperimen dan Group&#xD; Investigation (GI) pada kelas kontrol.&#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental semu.&#xD; Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Natar Tahun&#xD; Pelajaran 2013/2014 berjumlah 188 siswa. Sampel yang diambil menggunakan&#xD; teknik cluster random sampling berjumlah 2 kelas (VIII B dan VIII C). Teknik&#xD; pengambilan data yaitu dengan teknik tes dan non tes. Pengujian hipotesis&#xD; menggunakan rumus anava dua jalur dan rumus t-test separated varians.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Ada perbedaan hasil belajar&#xD; IPS Terpadu antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model NHT&#xD; dengan model GI; (2) Rata-rata hasil belajar IPS Terpadu yang diajar&#xD; menggunakan model pembelajaran NHT lebih tinggi dibandingkan yang diajar&#xD; dengan model pembelajaran GI bagi siswa yang memiliki motivasi berprestasi&#xD; rendah; (3) Rata-rata hasil belajar IPS Terpadu yang diajar menggunakan model&#xD; pembelajaran NHT lebih rendah dibandingkan yang diajar dengan model&#xD; pembelajaran GI bagi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi; (4) Ada&#xD; interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi siswa terhadap mata&#xD; pelajaran IPS Terpadu.&#xD; Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, NHT, GI, Motivasi Berprestasi</description><publisher>FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN</publisher><date>2014-05-04</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/1/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/5/HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/6/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/7/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/8/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/9/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/10/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/11/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/13/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Rusli RA,, VIVIEN BARCELLENA FENTISARI (2014) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2013/2014). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/1575/</relation><recordID>1575</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author Rusli RA,, VIVIEN BARCELLENA FENTISARI
title STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2013/2014)
publisher FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
publishDate 2014
topic HB Economic Theory
LB Theory and practice of education
url http://digilib.unila.ac.id/1575/1/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1575/2/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1575/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1575/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1575/5/HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1575/6/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1575/7/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1575/8/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1575/9/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1575/10/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1575/11/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1575/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1575/13/LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1575/
contents Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar IPS Terpadu siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan Group Investigation (GI) dengan memperhatikan motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kedua model tersebut diterapkan di kelas yang berbeda. Model Number Head Together (NHT) pada kelas eksperimen dan Group Investigation (GI) pada kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2013/2014 berjumlah 188 siswa. Sampel yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling berjumlah 2 kelas (VIII B dan VIII C). Teknik pengambilan data yaitu dengan teknik tes dan non tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus anava dua jalur dan rumus t-test separated varians. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model NHT dengan model GI; (2) Rata-rata hasil belajar IPS Terpadu yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan model pembelajaran GI bagi siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah; (3) Rata-rata hasil belajar IPS Terpadu yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT lebih rendah dibandingkan yang diajar dengan model pembelajaran GI bagi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi; (4) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, NHT, GI, Motivasi Berprestasi
id IOS4198.1575
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:05:12Z
last_indexed 2017-04-20T08:05:12Z
recordtype dc
_version_ 1686096523976245248
score 17.538404