STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2013/2014)
ctrlnum |
1575 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD
TOGETHER (NHT) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN
MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI
(Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Natar Tahun
Pelajaran 2013/2014)</title><creator>Rusli RA,, VIVIEN BARCELLENA FENTISARI</creator><subject>HB Economic Theory</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar IPS Terpadu siswa
melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan
Group Investigation (GI) dengan memperhatikan motivasi berprestasi siswa pada
mata pelajaran IPS Terpadu. Kedua model tersebut diterapkan di kelas yang
berbeda. Model Number Head Together (NHT) pada kelas eksperimen dan Group
Investigation (GI) pada kelas kontrol.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental semu.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Natar Tahun
Pelajaran 2013/2014 berjumlah 188 siswa. Sampel yang diambil menggunakan
teknik cluster random sampling berjumlah 2 kelas (VIII B dan VIII C). Teknik
pengambilan data yaitu dengan teknik tes dan non tes. Pengujian hipotesis
menggunakan rumus anava dua jalur dan rumus t-test separated varians.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Ada perbedaan hasil belajar
IPS Terpadu antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model NHT
dengan model GI; (2) Rata-rata hasil belajar IPS Terpadu yang diajar
menggunakan model pembelajaran NHT lebih tinggi dibandingkan yang diajar
dengan model pembelajaran GI bagi siswa yang memiliki motivasi berprestasi
rendah; (3) Rata-rata hasil belajar IPS Terpadu yang diajar menggunakan model
pembelajaran NHT lebih rendah dibandingkan yang diajar dengan model
pembelajaran GI bagi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi; (4) Ada
interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi siswa terhadap mata
pelajaran IPS Terpadu.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, NHT, GI, Motivasi Berprestasi</description><publisher>FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN</publisher><date>2014-05-04</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/1/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/5/HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/6/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/7/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/8/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/9/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/10/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/11/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1575/13/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Rusli RA,, VIVIEN BARCELLENA FENTISARI (2014) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2013/2014). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/1575/</relation><recordID>1575</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
Rusli RA,, VIVIEN BARCELLENA FENTISARI |
title |
STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD
TOGETHER (NHT) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN
MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI
(Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Natar Tahun
Pelajaran 2013/2014) |
publisher |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
publishDate |
2014 |
topic |
HB Economic Theory LB Theory and practice of education |
url |
http://digilib.unila.ac.id/1575/1/COVER%20DALAM.pdf http://digilib.unila.ac.id/1575/2/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/1575/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1575/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1575/5/HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1575/6/DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/1575/7/BAB%20I.pdf http://digilib.unila.ac.id/1575/8/BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/1575/9/BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/1575/10/BAB%20IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/1575/11/BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/1575/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unila.ac.id/1575/13/LAMPIRAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1575/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar IPS Terpadu siswa
melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan
Group Investigation (GI) dengan memperhatikan motivasi berprestasi siswa pada
mata pelajaran IPS Terpadu. Kedua model tersebut diterapkan di kelas yang
berbeda. Model Number Head Together (NHT) pada kelas eksperimen dan Group
Investigation (GI) pada kelas kontrol.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental semu.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Natar Tahun
Pelajaran 2013/2014 berjumlah 188 siswa. Sampel yang diambil menggunakan
teknik cluster random sampling berjumlah 2 kelas (VIII B dan VIII C). Teknik
pengambilan data yaitu dengan teknik tes dan non tes. Pengujian hipotesis
menggunakan rumus anava dua jalur dan rumus t-test separated varians.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Ada perbedaan hasil belajar
IPS Terpadu antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model NHT
dengan model GI; (2) Rata-rata hasil belajar IPS Terpadu yang diajar
menggunakan model pembelajaran NHT lebih tinggi dibandingkan yang diajar
dengan model pembelajaran GI bagi siswa yang memiliki motivasi berprestasi
rendah; (3) Rata-rata hasil belajar IPS Terpadu yang diajar menggunakan model
pembelajaran NHT lebih rendah dibandingkan yang diajar dengan model
pembelajaran GI bagi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi; (4) Ada
interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi siswa terhadap mata
pelajaran IPS Terpadu.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, NHT, GI, Motivasi Berprestasi |
id |
IOS4198.1575 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:05:12Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:05:12Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096523976245248 |
score |
17.538404 |