ctrlnum 15719
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH MODEL INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR&#xD; KOGNITIF SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 3 SMA N 1 &#xD; SEPUTIH AGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015</title><creator>Yuni Wiyati , 1113033072</creator><subject>H Social Sciences (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Setiap proses pembelajaran tentunya diharapkan output yang berkualitas. Salah satunya dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh, terutama pada aspek kognitif. Namun, tidak selamanya hasil kognitif yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan atau bahkan lebih rendah dari harapan. Rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa tentu akan menjadi permasalahan bagi guru. Sehingga perlu adanya usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar tersebut. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang lebih menekankan kepada kemampuan siswa dalam membangun pengetahuan yaitu model inquiry. &#xD; &#xD; Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan dan seberapa besar taraf signifikansi pengaruh model inquiry terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas XI IPS 3 di SMA N 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan seberapa besar taraf signifikansi pengaruh model inquiry terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas XI IPS 3 di SMA N 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan tipe Time Series Design. Sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang ada, yaitu seluruh siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif deskriptif yaitu dengan membandingkan hasil data pretest dan posttest. &#xD; &#xD; Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t paired dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model inquiry terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2014/2015. Besarnya pengaruh yang diberikan model inquiry terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2014/2015 sebesar 0,42 yang jika di masukkan kedalam interpretasi korelasi termasuk kedalam kategori cukup signifikan.</description><publisher>FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN</publisher><date>2015-10-26</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15719/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15719/2/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15719/3/MENYETUJUI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15719/4/MENGESAHKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15719/5/PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15719/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15719/6/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15719/8/MOTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15719/9/SANWACANA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15719/11/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15719/99/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15719/12/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15719/14/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15719/16/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15719/15/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15719/16/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15719/100/BAB%20III.pdf</identifier><identifier> Yuni Wiyati , 1113033072 (2015) PENGARUH MODEL INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 3 SMA N 1 SEPUTIH AGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/15719/</relation><recordID>15719</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author Yuni Wiyati , 1113033072
title PENGARUH MODEL INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 3 SMA N 1 SEPUTIH AGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
publisher FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
publishDate 2015
isbn 9781113033079
topic H Social Sciences (General)
LB Theory and practice of education
url http://digilib.unila.ac.id/15719/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15719/2/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15719/3/MENYETUJUI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15719/4/MENGESAHKAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15719/5/PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15719/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15719/6/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15719/8/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15719/9/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15719/11/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15719/99/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15719/12/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15719/14/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15719/16/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15719/15/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15719/16/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15719/100/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15719/
contents Setiap proses pembelajaran tentunya diharapkan output yang berkualitas. Salah satunya dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh, terutama pada aspek kognitif. Namun, tidak selamanya hasil kognitif yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan atau bahkan lebih rendah dari harapan. Rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa tentu akan menjadi permasalahan bagi guru. Sehingga perlu adanya usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar tersebut. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang lebih menekankan kepada kemampuan siswa dalam membangun pengetahuan yaitu model inquiry. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan dan seberapa besar taraf signifikansi pengaruh model inquiry terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas XI IPS 3 di SMA N 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan seberapa besar taraf signifikansi pengaruh model inquiry terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas XI IPS 3 di SMA N 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan tipe Time Series Design. Sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang ada, yaitu seluruh siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif deskriptif yaitu dengan membandingkan hasil data pretest dan posttest. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t paired dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model inquiry terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2014/2015. Besarnya pengaruh yang diberikan model inquiry terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sejarah siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2014/2015 sebesar 0,42 yang jika di masukkan kedalam interpretasi korelasi termasuk kedalam kategori cukup signifikan.
id IOS4198.15719
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:24:27Z
last_indexed 2017-04-20T08:24:27Z
recordtype dc
_version_ 1686096719658352640
score 17.538404