ctrlnum 15525
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH&#xD; DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP&#xD; PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA&#xD; KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP&#xD; NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG&#xD; TAHUN PELAJARAN &#xD; 2009/2010</title><creator>0543031020, HENI PARIDA</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada masalah rendahnya prestasi&#xD; belajar siswa. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi&#xD; proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain materi, tujuan, sarana dan&#xD; prasarana belajar, suasana kelas dan evaluasi belajar. Faktor yang tidak kalah&#xD; penting dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah pemanfaatan&#xD; perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa.&#xD; Permasalahan dalam penelitian ini adalah: &#x201D;Apakah ada pengaruh positif&#xD; pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi&#xD; belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar&#xD; Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010?&#x201D;.&#xD; Tujuan penelitian ini adalah: Sebagai sumbangan khasanah keilmuan bagi&#xD; pembaca berkenaan dengan peningkatan prestasi belajar siswa pada umumnya dan&#xD; prestasi belajar IPS Terpadu pada khususnya.&#xD; Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif verifikatif dengan&#xD; pendekatan Ex Post Facto dan Survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas&#xD; VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010&#xD; yang berjumlah 276 siswa, dengan jumlah sampel 83 siswa. Jumlah sampel ini&#xD; berdasarkan penarikan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan&#xD; dengan teknik observasi, dokementasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan&#xD; analisis regresi linier sederhana dan regresi linier ganda.&#xD; Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan secara parsial, maka hasil&#xD; penelitian ini menunjukan bahwa:&#xD; Ada pengaruh positif pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar&#xD; IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung&#xD; Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh t hitung &gt; t tabel yaitu 7,294 &gt;1,662 dengan&#xD; koefisien korelasi (r) 0,638 dan koefisien determinasi (R2) 0,407 dengan&#xD; sumbangan pengaruh efektif sebesar 29,04%, dan ada pengaruh positif motivasi&#xD; belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester&#xD; ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh t&#xD; hitung &gt; t tabel yaitu 4,786 &gt;1,662 dengan koefisien korelasi (r) 0,482 dan koefisien&#xD; determinasi (R2) 0,232 dengan dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar&#xD; 24,86%.&#xD; Hasil analisis data yang dilakukan secara simultan, maka hasil penelitian ini&#xD; menunjukan bahwa:&#xD; Ada pengaruh positif pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar&#xD; siswa terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP&#xD; Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh F hitung &gt; F tabel&#xD; yaitu 46,716 &gt; 3,07 dengan koefisien korelasi (r) 0,734 dan koefisien determinasi&#xD; (R2) 0,539 dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar 53,9%.</description><date>2010-11-10</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/2/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/3/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/4/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/5/bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/6/BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/7/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/8/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/9/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/11/MOTTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/12/PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/13/PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/14/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/15/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/16/SANWACANA.pdf</identifier><identifier> 0543031020, HENI PARIDA (2010) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/15525/</relation><recordID>15525</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author 0543031020, HENI PARIDA
title PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010
publishDate 2010
isbn 9780543031020
topic A General Works = Karya Karya Umum
url http://digilib.unila.ac.id/15525/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15525/2/BAB%201.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15525/3/BAB%202.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15525/4/BAB%203.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15525/5/bab%204.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15525/6/BAB%205.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15525/7/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15525/8/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15525/9/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15525/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15525/11/MOTTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15525/12/PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15525/13/PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15525/14/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15525/15/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15525/16/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15525/
contents Pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada masalah rendahnya prestasi belajar siswa. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain materi, tujuan, sarana dan prasarana belajar, suasana kelas dan evaluasi belajar. Faktor yang tidak kalah penting dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: ”Apakah ada pengaruh positif pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010?”. Tujuan penelitian ini adalah: Sebagai sumbangan khasanah keilmuan bagi pembaca berkenaan dengan peningkatan prestasi belajar siswa pada umumnya dan prestasi belajar IPS Terpadu pada khususnya. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan Ex Post Facto dan Survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 276 siswa, dengan jumlah sampel 83 siswa. Jumlah sampel ini berdasarkan penarikan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokementasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan secara parsial, maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Ada pengaruh positif pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh t hitung > t tabel yaitu 7,294 >1,662 dengan koefisien korelasi (r) 0,638 dan koefisien determinasi (R2) 0,407 dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar 29,04%, dan ada pengaruh positif motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh t hitung > t tabel yaitu 4,786 >1,662 dengan koefisien korelasi (r) 0,482 dan koefisien determinasi (R2) 0,232 dengan dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar 24,86%. Hasil analisis data yang dilakukan secara simultan, maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Ada pengaruh positif pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh F hitung > F tabel yaitu 46,716 > 3,07 dengan koefisien korelasi (r) 0,734 dan koefisien determinasi (R2) 0,539 dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar 53,9%.
id IOS4198.15525
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:24:13Z
last_indexed 2017-04-20T08:24:13Z
recordtype dc
_version_ 1686096718341341184
score 17.538404