PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010
ctrlnum |
15525 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP
PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA
KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP
NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 
2009/2010</title><creator>0543031020, HENI PARIDA</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada masalah rendahnya prestasi
belajar siswa. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi
proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain materi, tujuan, sarana dan
prasarana belajar, suasana kelas dan evaluasi belajar. Faktor yang tidak kalah
penting dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah pemanfaatan
perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: ”Apakah ada pengaruh positif
pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi
belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar
Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010?”.
Tujuan penelitian ini adalah: Sebagai sumbangan khasanah keilmuan bagi
pembaca berkenaan dengan peningkatan prestasi belajar siswa pada umumnya dan
prestasi belajar IPS Terpadu pada khususnya.
Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif verifikatif dengan
pendekatan Ex Post Facto dan Survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas
VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010
yang berjumlah 276 siswa, dengan jumlah sampel 83 siswa. Jumlah sampel ini
berdasarkan penarikan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan
dengan teknik observasi, dokementasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan
analisis regresi linier sederhana dan regresi linier ganda.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan secara parsial, maka hasil
penelitian ini menunjukan bahwa:
Ada pengaruh positif pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar
IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung
Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh t hitung > t tabel yaitu 7,294 >1,662 dengan
koefisien korelasi (r) 0,638 dan koefisien determinasi (R2) 0,407 dengan
sumbangan pengaruh efektif sebesar 29,04%, dan ada pengaruh positif motivasi
belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester
ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh t
hitung > t tabel yaitu 4,786 >1,662 dengan koefisien korelasi (r) 0,482 dan koefisien
determinasi (R2) 0,232 dengan dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar
24,86%.
Hasil analisis data yang dilakukan secara simultan, maka hasil penelitian ini
menunjukan bahwa:
Ada pengaruh positif pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar
siswa terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP
Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh F hitung > F tabel
yaitu 46,716 > 3,07 dengan koefisien korelasi (r) 0,734 dan koefisien determinasi
(R2) 0,539 dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar 53,9%.</description><date>2010-11-10</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/2/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/3/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/4/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/5/bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/6/BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/7/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/8/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/9/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/11/MOTTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/12/PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/13/PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/14/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/15/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15525/16/SANWACANA.pdf</identifier><identifier> 0543031020, HENI PARIDA (2010) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/15525/</relation><recordID>15525</recordID></dc>
|
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
0543031020, HENI PARIDA |
title |
PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP
PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA
KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP
NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN
2009/2010 |
publishDate |
2010 |
isbn |
9780543031020 |
topic |
A General Works = Karya Karya Umum |
url |
http://digilib.unila.ac.id/15525/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/15525/2/BAB%201.pdf http://digilib.unila.ac.id/15525/3/BAB%202.pdf http://digilib.unila.ac.id/15525/4/BAB%203.pdf http://digilib.unila.ac.id/15525/5/bab%204.pdf http://digilib.unila.ac.id/15525/6/BAB%205.pdf http://digilib.unila.ac.id/15525/7/COVER%20DALAM.pdf http://digilib.unila.ac.id/15525/8/DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unila.ac.id/15525/9/DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/15525/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unila.ac.id/15525/11/MOTTO.pdf http://digilib.unila.ac.id/15525/12/PENGESAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/15525/13/PERNYATAAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/15525/14/PERSEMBAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/15525/15/RIWAYAT%20HIDUP.pdf http://digilib.unila.ac.id/15525/16/SANWACANA.pdf http://digilib.unila.ac.id/15525/ |
contents |
Pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada masalah rendahnya prestasi
belajar siswa. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi
proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain materi, tujuan, sarana dan
prasarana belajar, suasana kelas dan evaluasi belajar. Faktor yang tidak kalah
penting dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah pemanfaatan
perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: ”Apakah ada pengaruh positif
pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi
belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar
Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010?”.
Tujuan penelitian ini adalah: Sebagai sumbangan khasanah keilmuan bagi
pembaca berkenaan dengan peningkatan prestasi belajar siswa pada umumnya dan
prestasi belajar IPS Terpadu pada khususnya.
Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif verifikatif dengan
pendekatan Ex Post Facto dan Survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas
VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010
yang berjumlah 276 siswa, dengan jumlah sampel 83 siswa. Jumlah sampel ini
berdasarkan penarikan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan
dengan teknik observasi, dokementasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan
analisis regresi linier sederhana dan regresi linier ganda.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan secara parsial, maka hasil
penelitian ini menunjukan bahwa:
Ada pengaruh positif pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar
IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung
Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh t hitung > t tabel yaitu 7,294 >1,662 dengan
koefisien korelasi (r) 0,638 dan koefisien determinasi (R2) 0,407 dengan
sumbangan pengaruh efektif sebesar 29,04%, dan ada pengaruh positif motivasi
belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester
ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh t
hitung > t tabel yaitu 4,786 >1,662 dengan koefisien korelasi (r) 0,482 dan koefisien
determinasi (R2) 0,232 dengan dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar
24,86%.
Hasil analisis data yang dilakukan secara simultan, maka hasil penelitian ini
menunjukan bahwa:
Ada pengaruh positif pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar
siswa terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP
Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh F hitung > F tabel
yaitu 46,716 > 3,07 dengan koefisien korelasi (r) 0,734 dan koefisien determinasi
(R2) 0,539 dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar 53,9%. |
id |
IOS4198.15525 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:24:13Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:24:13Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096718341341184 |
score |
17.538404 |