ctrlnum 15510
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA&#xD; DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE&#xD; KANCING GEMERINCING TERHADAP&#xD; PENGUASAAN MATERI POKOK&#xD; SISTEM PENCERNAAN PADA&#xD; MANUSIA OLEH SISWA</title><creator>0413024025, FAHMI APRIYANTO</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Multimedia pembelajaran didisain untuk melibatkan pengguna secara aktif di&#xD; dalam proses pembelajaran, juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk&#xD; mengembangkan teknik pembelajaran sehingga mendapatkan hasil yang&#xD; maksimal. Melalui pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing setiap&#xD; siswa dituntut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penilitian ini&#xD; adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh penggunaan animasi multimedia dengan&#xD; model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing terhadap penguasaan&#xD; materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia oleh siswa; 2) penguasaan materi&#xD; pokok Sistem Pencernaan pada Manusia oleh siswa dengan menggunakan model&#xD; pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing dan animasi multimedia&#xD; dibandingkan tanpa menggunakan animasi multimedia.&#xD; Sampel dipilih dari populasi seluruh siswa kelas VIII semester ganjil Tahun&#xD; Pelajaran 2009/2010 SMP Budaya Bandar Lampung dengan teknik cluster&#xD; Fahmi Apriyanto&#xD; random sampling. Data penelitian berupa nilai penguasaan materi pokok Sistem&#xD; Pencernaan pada Manusia diperoleh dari pretes, postes, dan N gain siswa,&#xD; kemudian dianalisis menggunakan uji t dengan program SPSS15.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan animasi multimedia dengan&#xD; model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing memberikan pengaruh&#xD; yang signifikan terhadap penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan pada&#xD; Manusia; 2) penguasaan materi oleh siswa dengan menggunakan animasi&#xD; multimedia dengan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing&#xD; lebih tinggi dibanding tanpa menggunakan animasi multimedia.</description><date>2010-09-15</date><type>Thesis:Masters</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/2/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/3/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/4/IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/5/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/6/cover%20depan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/7/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/7/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/9/DAFTAR%20tabel%20dan%20gambar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/10/MOTTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/11/PERNYATAAN%20SKRIPSI%20MAHASISWA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/12/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/12/Rriwayat%20hidup.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/13/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/13/SANWACANA.pdf</identifier><identifier> 0413024025, FAHMI APRIYANTO (2010) PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA OLEH SISWA. Other thesis, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/15510/</relation><recordID>15510</recordID></dc>
format Thesis:Masters
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author 0413024025, FAHMI APRIYANTO
title PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA OLEH SISWA
publishDate 2010
isbn 9780413024022
topic A General Works = Karya Karya Umum
url http://digilib.unila.ac.id/15510/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15510/2/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15510/3/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15510/4/IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15510/5/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15510/6/cover%20depan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15510/7/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15510/7/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15510/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15510/9/DAFTAR%20tabel%20dan%20gambar.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15510/10/MOTTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15510/11/PERNYATAAN%20SKRIPSI%20MAHASISWA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15510/12/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15510/12/Rriwayat%20hidup.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15510/13/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15510/13/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15510/
contents Multimedia pembelajaran didisain untuk melibatkan pengguna secara aktif di dalam proses pembelajaran, juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Melalui pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing setiap siswa dituntut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh penggunaan animasi multimedia dengan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing terhadap penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia oleh siswa; 2) penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia oleh siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing dan animasi multimedia dibandingkan tanpa menggunakan animasi multimedia. Sampel dipilih dari populasi seluruh siswa kelas VIII semester ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010 SMP Budaya Bandar Lampung dengan teknik cluster Fahmi Apriyanto random sampling. Data penelitian berupa nilai penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia diperoleh dari pretes, postes, dan N gain siswa, kemudian dianalisis menggunakan uji t dengan program SPSS15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan animasi multimedia dengan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia; 2) penguasaan materi oleh siswa dengan menggunakan animasi multimedia dengan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing lebih tinggi dibanding tanpa menggunakan animasi multimedia.
id IOS4198.15510
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:24:13Z
last_indexed 2017-04-20T08:24:13Z
recordtype dc
_version_ 1686096718276329472
score 17.538404