PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA OLEH SISWA
ctrlnum |
15510 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA
DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
KANCING GEMERINCING TERHADAP
PENGUASAAN MATERI POKOK
SISTEM PENCERNAAN PADA
MANUSIA OLEH SISWA</title><creator>0413024025, FAHMI APRIYANTO</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Multimedia pembelajaran didisain untuk melibatkan pengguna secara aktif di
dalam proses pembelajaran, juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk
mengembangkan teknik pembelajaran sehingga mendapatkan hasil yang
maksimal. Melalui pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing setiap
siswa dituntut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penilitian ini
adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh penggunaan animasi multimedia dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing terhadap penguasaan
materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia oleh siswa; 2) penguasaan materi
pokok Sistem Pencernaan pada Manusia oleh siswa dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing dan animasi multimedia
dibandingkan tanpa menggunakan animasi multimedia.
Sampel dipilih dari populasi seluruh siswa kelas VIII semester ganjil Tahun
Pelajaran 2009/2010 SMP Budaya Bandar Lampung dengan teknik cluster
Fahmi Apriyanto
random sampling. Data penelitian berupa nilai penguasaan materi pokok Sistem
Pencernaan pada Manusia diperoleh dari pretes, postes, dan N gain siswa,
kemudian dianalisis menggunakan uji t dengan program SPSS15.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan animasi multimedia dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing memberikan pengaruh
yang signifikan terhadap penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan pada
Manusia; 2) penguasaan materi oleh siswa dengan menggunakan animasi
multimedia dengan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing
lebih tinggi dibanding tanpa menggunakan animasi multimedia.</description><date>2010-09-15</date><type>Thesis:Masters</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/2/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/3/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/4/IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/5/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/6/cover%20depan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/7/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/7/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/9/DAFTAR%20tabel%20dan%20gambar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/10/MOTTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/11/PERNYATAAN%20SKRIPSI%20MAHASISWA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/12/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/12/Rriwayat%20hidup.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/13/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15510/13/SANWACANA.pdf</identifier><identifier> 0413024025, FAHMI APRIYANTO (2010) PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA OLEH SISWA. Other thesis, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/15510/</relation><recordID>15510</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Masters Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
0413024025, FAHMI APRIYANTO |
title |
PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA
DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
KANCING GEMERINCING TERHADAP
PENGUASAAN MATERI POKOK
SISTEM PENCERNAAN PADA
MANUSIA OLEH SISWA |
publishDate |
2010 |
isbn |
9780413024022 |
topic |
A General Works = Karya Karya Umum |
url |
http://digilib.unila.ac.id/15510/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/15510/2/BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/15510/3/BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/15510/4/IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/15510/5/BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/15510/6/cover%20depan.pdf http://digilib.unila.ac.id/15510/7/DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unila.ac.id/15510/7/DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/15510/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unila.ac.id/15510/9/DAFTAR%20tabel%20dan%20gambar.pdf http://digilib.unila.ac.id/15510/10/MOTTO.pdf http://digilib.unila.ac.id/15510/11/PERNYATAAN%20SKRIPSI%20MAHASISWA.pdf http://digilib.unila.ac.id/15510/12/PERSEMBAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/15510/12/Rriwayat%20hidup.pdf http://digilib.unila.ac.id/15510/13/RIWAYAT%20HIDUP.pdf http://digilib.unila.ac.id/15510/13/SANWACANA.pdf http://digilib.unila.ac.id/15510/ |
contents |
Multimedia pembelajaran didisain untuk melibatkan pengguna secara aktif di
dalam proses pembelajaran, juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk
mengembangkan teknik pembelajaran sehingga mendapatkan hasil yang
maksimal. Melalui pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing setiap
siswa dituntut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penilitian ini
adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh penggunaan animasi multimedia dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing terhadap penguasaan
materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia oleh siswa; 2) penguasaan materi
pokok Sistem Pencernaan pada Manusia oleh siswa dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing dan animasi multimedia
dibandingkan tanpa menggunakan animasi multimedia.
Sampel dipilih dari populasi seluruh siswa kelas VIII semester ganjil Tahun
Pelajaran 2009/2010 SMP Budaya Bandar Lampung dengan teknik cluster
Fahmi Apriyanto
random sampling. Data penelitian berupa nilai penguasaan materi pokok Sistem
Pencernaan pada Manusia diperoleh dari pretes, postes, dan N gain siswa,
kemudian dianalisis menggunakan uji t dengan program SPSS15.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan animasi multimedia dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing memberikan pengaruh
yang signifikan terhadap penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan pada
Manusia; 2) penguasaan materi oleh siswa dengan menggunakan animasi
multimedia dengan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing
lebih tinggi dibanding tanpa menggunakan animasi multimedia. |
id |
IOS4198.15510 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:24:13Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:24:13Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096718276329472 |
score |
17.538404 |