Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh model yang efektif pada materi hukum-hukum dasar kimia dalam meningkatkan keterampilan meng-komunikasikan dan penguasaan konsep. Model pembelajaran Learning Cycle 3E adalah salah satu model pembelajaran berbasis konstruktivisme yang terdiri dari 3 fase yaitu (1) Fase eksplorasi(exploration); (2) Fase penjelasan konsep (explaination);(3) Fase penerapan konsep(elaboration). Metode eksperimen tidak pernah dilakukan di SMA Negeri 4 Bandar Lampung karena hanya dilakukan metode ceramah dan latihan soal. Selain itu jika metode ceramah sering digunakan dapat membuat bosan dan cenderung membuat siswa pasif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 4 Bandar Lampung kelas X3 dan X5 semester genap Tahun Pelajaran 2011-2012 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E diukur berdasarkan nilai rata-rata N-gain. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan pem-belajaran Learning Cycle 3E memiliki keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep oleh siswa. Kata kunci: pembelajaran Learning Cycle 3E, keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep.