Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 2 pringsewu diperoleh nilai rata-rata ulangan harian kelas X pada materi pokok Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Sederhana tahun pelajaran 2010-2011 masih rendah yaitu 62,4. Siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 hanya sebesar 55%, hal ini belum memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 100% siswa memperoleh nilai ≥ 65. Masih banyak siswa yang mengganggap pelajaran kimia sulit dan tidak dilibatkannya siswa dalam proses pembelajaran mengakibatkan aktivitas dan penguasaan konsep siswa terhadap pembelajaran kimia masih rendah. Untuk mengatasi hal ini diperlukan pembelajaran yang sesuai yaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif teknik NHT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan (1) rata-rata persentase tiap jenis aktivitas siswa; (2) rata-rata persentase penguasaan konsep siswa, dan (3) persentase ketuntasan belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif teknik NHT dari siklus ke siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan (1) persentase rata-rata aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II untuk tiap jenis aktivitas, yaitu aktivitas bertanya pada guru meningkat 7,09%, aktivitas menanggapi jawaban dari kelompok lain meningkat 6,58%, aktivitas aktif dalam diskusi kelompok meningkat 16,85% dan aktivitas mengerjakan LKS atau latihan soal meningkat 6,61%; (2) rata-rata penguasaan konsep siswa dari siklus I ke siklus II meningkat 3,29%;(3) persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 12,5%.