PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS IV SDN 2 JATIAGUNG KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU
Daftar Isi:
- Hasil pembelajaran matematik kelas IV SD Negeri 02 Jatiagung tahun pelajaran 2011/2012 masih rendah dan kurang memuaskan. Rendahnya nilai matematika disebabkan oleh faktor proses pembelajaran masih sebatas sebagai proses trasfer of knowledge. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Jatiagung Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Jatiagung tahun pelajaran 2012/2013 Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan metode tindakan yang difokuskan pada situasi kelas yang lebih dikenal dengan classroom action research. Yang pelaksanaan tindakannya terdiri dari prapenelitian, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan lembar tes formatif setelah proses pembelajaran. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Jatiagung meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Jatiagung. Peningkatan ini dapat dilihat dari ketercapainya indikator hasil belajar siswa yang melebihi nilai rata-rata hasil belajar siswa dan ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan di sekolah.