Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan aktivitas dan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SDN 5 Cipadang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkahlangkah: (1)perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah guru, kolaboran, dan siswa kelas II sebanyak 20 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menyimpulkan penerapan model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Aktivitas belajar siswa siklus I 62%, meningkat menjadi 84% di siklus II. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 68, meningkat menjadi 92 di siklus II. Ketuntasan belajar siklus I mencapai 70% (belum tuntas), naik pada siklus II menjadi 95% (tuntas). Saran untuk kepala sekolah adalah agar dapat memotivasi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi guru agar menerapkan model STAD dalam pembelajaran khususnya Bahasa Indonesia. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian sebelumnya sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin.