PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERTAHANAN TUBUH OLEH SISWA (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013)
ctrlnum |
1495 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERTAHANAN TUBUH OLEH SISWA
(Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur
Tahun Pelajaran 2012/2013)</title><creator>Musriadi, SRI WIRAHAYU</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QH301 Biology</subject><description>Aktivitas belajar berperan penting dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya yaitu mempengaruhi kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Hasil observasi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono, menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa.
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar yang
Sri Wirahayu
iii
diperoleh melalui observasi serta data pendukung berupa deskripsi tanggapan
siswa terhadap penggunaan model pembelajaran NHT yang diperoleh melalui
penyebaran angket. Data kuantitatif diperoleh melalui pemberian pretes dan
postes, kemudian rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain dianalisis secara
statistik menggunakan uji t dan uji U dengan SPSS 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran NHT
meningkatkan semua aspek aktivitas belajar dengan rata-rata peningkatan
berkriteria baik (78,89 ± 12,60). Pada aspek membentuk kelompok (92,22);
memberikan ide/pendapat (83,33); menjawab pertanyaan (77,78); dan
menanggapi jawaban pertanyaan (62,22). Penguasaan materi juga meningkat
dengan rata-rata nilai pretes (31,99); postes (72,22); dan N-gain (61,52). Besarnya
peningkatan penguasaan materi pada indikator C2 (58,37) dan C4 (63,15); dengan
rata-rata peningkatan (60,76 ± 3,38). Adapun kriteria peningkatan perbutir soal
pada indikator C2 dan C4 adalah sama, yaitu sangat tinggi (soal no. 4 dan 2);
tinggi (soal no. 5 dan 6); dan sedang (soal no. 3 dan 1). Selain itu, sebagian besar
siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran
NHT. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT
berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan
dalam meningkatkan penguasaan materi oleh siswa.
Kata kunci: aktivitas belajar, model pembelajaran NHT, penguasaan materi,
sistem pertahanan tubuh</description><publisher>FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN</publisher><date>2014-05-09</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/2/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/3/4.%20HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/4/5.%20HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/5/6.%20HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/7/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/8/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/9/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/10/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/11/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/13/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Musriadi, SRI WIRAHAYU (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERTAHANAN TUBUH OLEH SISWA (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/1495/</relation><recordID>1495</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
Musriadi, SRI WIRAHAYU |
title |
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERTAHANAN TUBUH OLEH SISWA
(Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur
Tahun Pelajaran 2012/2013) |
publisher |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
publishDate |
2014 |
topic |
LB Theory and practice of education QH301 Biology |
url |
http://digilib.unila.ac.id/1495/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf http://digilib.unila.ac.id/1495/2/2.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/1495/3/4.%20HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1495/4/5.%20HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1495/5/6.%20HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1495/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/1495/7/BAB%20I.pdf http://digilib.unila.ac.id/1495/8/BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/1495/9/BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/1495/10/BAB%20IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/1495/11/BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/1495/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unila.ac.id/1495/13/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1495/ |
contents |
Aktivitas belajar berperan penting dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya yaitu mempengaruhi kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Hasil observasi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono, menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa.
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar yang
Sri Wirahayu
iii
diperoleh melalui observasi serta data pendukung berupa deskripsi tanggapan
siswa terhadap penggunaan model pembelajaran NHT yang diperoleh melalui
penyebaran angket. Data kuantitatif diperoleh melalui pemberian pretes dan
postes, kemudian rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain dianalisis secara
statistik menggunakan uji t dan uji U dengan SPSS 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran NHT
meningkatkan semua aspek aktivitas belajar dengan rata-rata peningkatan
berkriteria baik (78,89 ± 12,60). Pada aspek membentuk kelompok (92,22);
memberikan ide/pendapat (83,33); menjawab pertanyaan (77,78); dan
menanggapi jawaban pertanyaan (62,22). Penguasaan materi juga meningkat
dengan rata-rata nilai pretes (31,99); postes (72,22); dan N-gain (61,52). Besarnya
peningkatan penguasaan materi pada indikator C2 (58,37) dan C4 (63,15); dengan
rata-rata peningkatan (60,76 ± 3,38). Adapun kriteria peningkatan perbutir soal
pada indikator C2 dan C4 adalah sama, yaitu sangat tinggi (soal no. 4 dan 2);
tinggi (soal no. 5 dan 6); dan sedang (soal no. 3 dan 1). Selain itu, sebagian besar
siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran
NHT. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT
berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan
dalam meningkatkan penguasaan materi oleh siswa.
Kata kunci: aktivitas belajar, model pembelajaran NHT, penguasaan materi,
sistem pertahanan tubuh |
id |
IOS4198.1495 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:05:06Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:05:06Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096523459297280 |
score |
17.538404 |