ctrlnum 1495
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERTAHANAN TUBUH OLEH SISWA&#xD; (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur&#xD; Tahun Pelajaran 2012/2013)</title><creator>Musriadi, SRI WIRAHAYU</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QH301 Biology</subject><description>Aktivitas belajar berperan penting dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya yaitu mempengaruhi kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Hasil observasi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono, menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa.&#xD; Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar yang&#xD; Sri Wirahayu&#xD; iii&#xD; diperoleh melalui observasi serta data pendukung berupa deskripsi tanggapan&#xD; siswa terhadap penggunaan model pembelajaran NHT yang diperoleh melalui&#xD; penyebaran angket. Data kuantitatif diperoleh melalui pemberian pretes dan&#xD; postes, kemudian rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain dianalisis secara&#xD; statistik menggunakan uji t dan uji U dengan SPSS 17.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran NHT&#xD; meningkatkan semua aspek aktivitas belajar dengan rata-rata peningkatan&#xD; berkriteria baik (78,89 &#xB1; 12,60). Pada aspek membentuk kelompok (92,22);&#xD; memberikan ide/pendapat (83,33); menjawab pertanyaan (77,78); dan&#xD; menanggapi jawaban pertanyaan (62,22). Penguasaan materi juga meningkat&#xD; dengan rata-rata nilai pretes (31,99); postes (72,22); dan N-gain (61,52). Besarnya&#xD; peningkatan penguasaan materi pada indikator C2 (58,37) dan C4 (63,15); dengan&#xD; rata-rata peningkatan (60,76 &#xB1; 3,38). Adapun kriteria peningkatan perbutir soal&#xD; pada indikator C2 dan C4 adalah sama, yaitu sangat tinggi (soal no. 4 dan 2);&#xD; tinggi (soal no. 5 dan 6); dan sedang (soal no. 3 dan 1). Selain itu, sebagian besar&#xD; siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran&#xD; NHT. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT&#xD; berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan&#xD; dalam meningkatkan penguasaan materi oleh siswa.&#xD; Kata kunci: aktivitas belajar, model pembelajaran NHT, penguasaan materi,&#xD; sistem pertahanan tubuh</description><publisher>FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN</publisher><date>2014-05-09</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/2/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/3/4.%20HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/4/5.%20HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/5/6.%20HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/7/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/8/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/9/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/10/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/11/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1495/13/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Musriadi, SRI WIRAHAYU (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERTAHANAN TUBUH OLEH SISWA (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/1495/</relation><recordID>1495</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author Musriadi, SRI WIRAHAYU
title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERTAHANAN TUBUH OLEH SISWA (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013)
publisher FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
publishDate 2014
topic LB Theory and practice of education
QH301 Biology
url http://digilib.unila.ac.id/1495/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1495/2/2.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1495/3/4.%20HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1495/4/5.%20HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1495/5/6.%20HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1495/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1495/7/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1495/8/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1495/9/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1495/10/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1495/11/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1495/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1495/13/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1495/
contents Aktivitas belajar berperan penting dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya yaitu mempengaruhi kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Hasil observasi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono, menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar yang Sri Wirahayu iii diperoleh melalui observasi serta data pendukung berupa deskripsi tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran NHT yang diperoleh melalui penyebaran angket. Data kuantitatif diperoleh melalui pemberian pretes dan postes, kemudian rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain dianalisis secara statistik menggunakan uji t dan uji U dengan SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran NHT meningkatkan semua aspek aktivitas belajar dengan rata-rata peningkatan berkriteria baik (78,89 ± 12,60). Pada aspek membentuk kelompok (92,22); memberikan ide/pendapat (83,33); menjawab pertanyaan (77,78); dan menanggapi jawaban pertanyaan (62,22). Penguasaan materi juga meningkat dengan rata-rata nilai pretes (31,99); postes (72,22); dan N-gain (61,52). Besarnya peningkatan penguasaan materi pada indikator C2 (58,37) dan C4 (63,15); dengan rata-rata peningkatan (60,76 ± 3,38). Adapun kriteria peningkatan perbutir soal pada indikator C2 dan C4 adalah sama, yaitu sangat tinggi (soal no. 4 dan 2); tinggi (soal no. 5 dan 6); dan sedang (soal no. 3 dan 1). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran NHT. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penguasaan materi oleh siswa. Kata kunci: aktivitas belajar, model pembelajaran NHT, penguasaan materi, sistem pertahanan tubuh
id IOS4198.1495
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:05:06Z
last_indexed 2017-04-20T08:05:06Z
recordtype dc
_version_ 1686096523459297280
score 17.538404