Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dalam meningkat- an keterampilan menjawab pertanyaan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 Ria Marthandila SMA Negeri 1 Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011-2012. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimen dan desain One-Group pretest-posttest. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan nilai n-gain. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-gain keterampilan menjawab pertanyaan apa yang dimaksud dan kerterampilan menjawab pertanyaan mengapa masing-masing 0,7 dan 0,33. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran problem solving pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan efektif dalam meningkatkan keterampilan menjawab pertanyaan apa yang dimaksud dengan kriteria tinggi dan keterampilan menjawab pertanyaan mengapa dengan kriteria sedang.