PENGARUH MINAT BACA SISWA DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TEHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA N 13 BANDAR LAMPUNG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Daftar Isi:
- ABSTRAK Pendidikan merupakan standar kemajuan suatu bangsa, dengan standar pendidikan yang tinggi dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk memajukan bangsa dikancah dunia. Pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada masalah rendahnya atau hasil belajar peserta didik. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain minat baca siswa dan pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat baca siswa dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMA N 13 Bandar Lampung yang berjumlah 245 siswa, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 152 siswa yang dihitung denga menggunakan rumus T.Yamane. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer melalui program SPSS versi 16. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji regresi linier. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan minat baca siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012 yang ditunjukan. Hal ini ditunjukan dengan t hitung > t tabel yaitu 6,409 > 1,975 dengan koefisien korelasi (r) 0,464 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,215 yang berarti hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh minat baca siswa sebesar 21,5% dan sisanya 78,5% dipengaruhi oleh faktor lain. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012 yang ditunjukan. Hal ini ditunjukan dengan t hitung > t tabel yaitu 5,991 > 1,975 dengan koefisien korelasi (r) 0,481 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,207 yang berarti hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh pemanfaatan media pembelajaran sebesar 20,7% dan sisanya 79,3% dipengaruhi oleh faktor lain. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan minat baca siswa dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012 yang ditunjukan. Hal ini ditunjukan dengan F hitung > F tabel yaitu 30,634 > 3,062 dengan koefisien korelasi (r) 9,005 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,317 yang berarti hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh minat baca siswa dan pemanfaatan media pembelajaran sebesar 31,7% dan sisanya 68,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Minat Baca Siswa, Pemanfaatan Media Pembelajaran, dan Hasil Belajar Ekonomi