Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe TGT dengan memperhatikan kemampuan awal belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi.Penelitian ini tergolong penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1Bangunrejotahun pelajaran 2011/2012yang terdiri dari 6 kelas sebanyak 205 siswa pada semester ganjil. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel berjumlah 66 siswa dari dua kelas yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan awal dan tes hasil belajar. Kemudian, data dianalisis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan t-test separated varians Hasil pengujian hipotesis menunjukkan : 1) Pengujian hipotesis pertama menggunakan rumus Analisis Varian Dua Jalan diperoleh Fhitung 54.961 dan Ftabel 4.08, menunjukan bahwa Fhitung>Ftabel, maka hipotesis diterima. 2) Pada hipotesis keduamenggunakan rumus T-test Dua Sampel Independen diperoleh Thitung 2.221 dan Ttabel 2.086, menunjukan bahwa Thitung> Ttabel, maka hipotesis diterima. 3) Hipotesis ketiga T-test Dua Sampel Independen diperoleh thitung 0.817 dan ttabel 2,086, menunjukan bahwa thitung < ttabel, maka hipotesis di tolak. 4) Hipotesis keempat Analisis Varian Dua Jalan diperoleh Fhitung 0,567 dan Ftabel 4,08, menunjukan bahwa Fhitung<Ftabel, maka hipotesis di tolak. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe NHT di bandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe TGT. 2. Hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan kooperatif tipe TGT pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi. 3. Hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe TGTpada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. 4. Tidak ada interaksi antara model pembelajaraan kooperatif dengan kemampuan awal siswa pada pada mata pelajaran ekonomi. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TGT, kemampuan awal, hasil belajar.