Daftar Isi:
  • ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Model Inkuiri Terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan generik sains pada materi pokok ekosistem di SMA Negeri 1 Tumijajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa adalah kelas X MIA 4 dan X MIA 5 SMA Negeri 1 Tumijajar yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar kognitif dan keterampilan generik sains siswa yang diperoleh dari nilai rata-rata pretest, postest dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif dalam penelitian ini berupa keterampilan generik sains yang dilihat dengan iii observasi dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model inkuiri terbimbing pada materi pokok ekosistem yang dianalisis secara deskriptif. Data hasil belajar kognitif siswa, dimana hasil prestes dan postes untuk hasil belajar kognitif memperoleh