PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS XI IPS SMAN 4 METRO TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Main Author: 0913034031, Desi Imanuni
Format: Article PeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/14208/1/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/14208/2/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/14208/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/14208/4/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/14208/5/Cover%20dan%20Daftar%20Pustaka2.pdf
http://digilib.unila.ac.id/14208/6/Halaman%20Depan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/14208/7/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/14208/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan rerata hasil belajar geografi dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan STAD, (2) Perbedaan rerata hasil belajar geografi dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) Perbedaan peningkatan (gain) hasil belajar geografi dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan STAD, dan (4) Perbedaan peningkatan (gain) hasil belajar geografi dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan pada penelitian ini eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS tahun pelajaran 2012- 2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Puposive Sampling dengan memperhatikan atas ciri-ciri relatif yang dimiliki yaitu ketuntasan hasil belajar, maka dipilih kelas XI IPS I dan XI IPS 3 SMA Negeri 4 Metro. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pada materi sumber daya alam. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data penelitian adalah Program SPSS Versi 17.0 For Windows. Hasil dalam penelitian ini: (1) Ada perbedaan rerata hasil belajar geografi setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan STAD, (2) Rerata hasil belajar geografi setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) Ada perbedaan peningkatan (gain) hasil belajar geografi setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan STAD dan (4) peningkatan (gain) hasil belajar geografi setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kata Kunci: Number Heads Together, Student Team Achievement Division, dan Hasil Belajar Geografi