Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pencapaian ranah afektif yang masih kurang dan sering kali diabaikan, serta untuk mengkaji tentang perbandingan sikap sosial siswa dengan menggunakan model TSTS dan model TPS pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 140 siswa dengan sampel 54 siswa, yang ditentukan dengan cluster random sampling. Pengumpulan data melalui dokumentasi dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan Multivariat Analisis Varians dan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada perbedaan sikap sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe TSTS dan TPS, (2) sikap jujur siswa pada model TSTS lebih tinggi dibandingkan pada model TPS, (3) sikap tanggung jawab siswa pada model TSTS lebih rendah dibandingkan pada model TPS, (4) sikap kerjasama siswa pada model TSTS lebih tinggi dibandingkan pada model TPS, (5) sikap percaya diri siswa pada model TSTS lebih tinggi dibandingkan pada model TPS, dan (6) sikap santun siswa pada model TSTS lebih tinggi dibandingkan pada model TPS. Kata kunci: sikap sosial, TPS, TSTS