Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan dan memperbaiki serta melihat efektivitas keterampilan gerak dasartolak peluru melalui modifikasialat bantu berupapeluru dengan bola berbagai ukuran dan disertai dengan berbagai posisi lemparan pada siswa kelas V di SD Negeri 4 Wonodadi Kecamatan Gadingejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Wonodadi Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu yang berjumlah 18 siswa, denganperincian 12 laki-laki dan 6 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melaluiobservasidengan menggunakan instrumen penilaian tes keterampilan gerak dasar tolak peluru Hasil penelitian menunjukkan: setiap siklus adanya perbaikan hasil belajar tolak peluru, dan bila dilihat dari KKM pada siklus pertama diperolehprosentasekeberhasilanketuntasanbelajar sebesar 0,00%, ternyata belum dapatmeningkatkankemampuangerakdasartolak peluru secara signifikan, namunpadasikluskeduadiperolehprosentasekeberhasilanketuntasanbelajar66,66%, danpadasiklusketigadiperolehprosentasekeberhasilanketuntasanbelajar 88,88%, berdasarkannilaireratauntukmeningkatkanhasilpembelajaranharusdiberiperlakuan yang sesuaidenganmetode yang telahditetapkan. Hasilpeningkatan≥ 50% ituartinyahasilpembelajarandenganalatmodifikasi yang digunakanmenunjukantelahterjadipeningkatan. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tolak peluru pada siswa kelas V SD Negeri 4 Wonodadi sangat efektif setelah menggunakan alat bantu yang telah dimodifikasi.