PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA ASSALAM TANJUNGSARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) perbedaan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 1, (4) pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran geografi di SMA Assalam Tanjungsari Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) ada perbedaan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 1, (4) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran geografi di SMA Assalam Tanjungsari Kabupaten Lampung Selatan. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, quick on the draw, hasil belajar geografi Abstrak Bahasa Inggris