Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar gerak dasar chest pass bola basket melalui model pembelajaran individu dan model pembelajaran kelompok pada siswa kelas X RSBI 1 SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan pre test (tes awal) dan post test (tes akhir). Penelitian ini dilaksanakan di lapangan SMA Negeri 2 Bandar Lampung, pada bulan September 2011. Sampel yang digunakan sebanyak 30 orang yang di bagi menjadi dua kelompok, yaitu model pembelajaran individu dan model pembelajaran kelompok, pembagian kelompok berdasarkan Ordinal Pairing. Instrumen atau alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah format penilaian gerak dasar chest pass bola basket. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data yang diperoleh dari tes pengukuran pada penelitian ini adalah tes akhir pada chest pass bola basket dengan menggunakan model pembelajaran individu memiliki rata-rata 75,67, sedangkan tes akhir pada chest pass bola basket dengan menggunkan model pembelajaran kelompok memiliki rata-rata 72,4 dimana model pembelajaran individu memiliki pengaruh yang lebih tinggi daripada model pembelajaran kelompok untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar chest pass bola basket pada siswa kelas X RSBI 1 SMA Negeri 2 Bandar Lampung.