STUDI PERBANDINGAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT DAN TIPE BERTUKAR PASANGAN DENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUMBERJAYA TAHUN AJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini mengkaji tentang studi perbandingan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script dan tipe Bertukar Pasangan dengan memperhatikan konsep diri siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 sumberjaya tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 240 siswa dengan jumlah sampel 68 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independent. Hasil analisis data menunjukan (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dan tipe bertukar pasangan, (2) kemampuan berfikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan menggunakan tipe bertukar pasangan pada siswa yang memiliki konsep diri positif, (3) kemampuan berfikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan lebih rendah dibandingkan siswa yang diajar dengan menggunakan tipe bertukar pasangan pada siswa yang memiliki konsep diri negatif, (4) ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan konsep diri siswa terhadap kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: Berpikir Kritis, IPS Terpadu, Konsep Diri, Cooperative Script, Bertukar Pasangan