Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hasil observasi kelas XI di SMA Negeri 07 Bandar Lampung diketahui bahwa pada kelas XI IPA semester genap tahun pelajaran 2010/2011 menunjukkan nilai rata-rata penguasaan konsep materi Sistem Pernapasan masih rendah yakni baru mencapai 62 dengan ketuntasan 45%, kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yakni ≥70. Saat proses pembelajaran selama ini guru masih menggunakan metode ceramah dan kadang–kadang menggunakan metode diskusi. Oleh karena itu diperlukannya suatu model pembelajaran yang terpusat pada siswa yakni menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa pada materi Sistem Pernapasan. Penelitian ini menggunakan desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI4 sebagai kelas eksperimen dan XI1 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari tes (pretes dan postes) dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data menggunakan uji-t dengan program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata antara nilai pretes dan postes yang di ukur dengan N-gain pada kelas eksperimen yaitu sebesar 61,20 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 52,89. Indikator penguasaan konsep yang memiliki nilai rata-rata tertinggi yaitu pada indikator pemahaman yaitu sebesar 62,29 sedangkan rata-rata indikator penguasaan konsep terendah yaitu pada indikator sintesis sebesar 58,75. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TAI juga mengalami peningkatan dari pertemuan I ke pertemuan III dengan rata-rata peningkatan 17,34%. Aspek aktivitas siswa yang berkriteria baik yakni pada aspek mengerjakan LKS, mendiskusikan jawaban LKS, dan bertukar informasi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TAI berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas beajar oleh siswa pada materi Sistem Pernapasan. Kata kunci: Model pembelajaran TAI, penguasaan konsep, aktivitas belajar, materi Sistem Pernapasan.