PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen Semu pada Siswa Kelas VII SMPN 13 Bandar Lampung Semester Genap T.P 2011/2012

Main Author: 0543024033, Nofita Syarah Rosti
Format: Article PeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/13728/1/1.%20Cover%20Depan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/2/2.%20Abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/3/3.%20Cover%20Skripsi.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/4/4.%20Lembar%20Menyetujui.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/5/5.%20Lembar%20Mengesahkan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/6/6.%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/7/7.%20riwayat%20hidup.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/8/8.%20PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/9/9.%20MOTTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/10/10.%20SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/11/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/12/12.%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/13/13.%20daftar%20gambar.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/14/bab%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/15/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/16/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/16/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/16/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/17/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/13728/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif Scramble terhadap aktivitas dan penguasaan materi pokok ciri-ciri makhluk hidup oleh siswa SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain penelitian pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas VIIJ dan VIIK yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu penguasaan materi yang diperoleh dari pretest dan posttest yang di ukur dengan N-gain. Data kualitatif yaitu aktivitas belajar siswa diperoleh dari lembar observasi. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian pada kelas eksperimen rata-rata N-gain (51,06) lebih besar dari pada kelas kontrol (24,55), artinya kedua kelas memiliki hasil penguasaan materi yang berbeda. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble sangat berpengaruh terhadap penguasaan materi biologi oleh siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe Scramble juga memberikan pengaruh terhadap peningkatan aktivitas siswa saat proses pembelajaran. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 77,56 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 67,6. Aspek aktivitas yang diamati tertinggi pada kelas eksperimen adalah aspek mengemukakan pendapat, sedangkan aktivitas siswa terendah adalah aspek bertanya. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble memberikan pengaruh terhadap peningkatan penguasaan materi pokok ciri-ciri makhluk hidup di SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Aktivitas belajar siswa selama pembelajaran lebih tinggi menggunakan model pembelajaran kooperatif Scramble dari pada menggunakan metode diskusi. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Scramble, Penguasaan materi, Aktivitas Belajar siswa, Ciri-ciri Makhluk Hidup.