Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat dan hasil belajar membaca siswa, yang sudah tuntas hanya 18,75% sedangkan 81,25% belum tuntas, sedangkan minat dan hasil belajar menulis siswa yang sudah tuntas hanya 37,50% sedangkan 62,50% belum tuntas. sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk menigkatkan minat baca tulis dan hasil belajar dengan mengunakan metode cooperative integrated reading and composition(CIRC) pada siswa kelas I SD Negeri 1 Tanjung Rejo Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Daur dalam penelitian tindakan kelas diawali dengan (1) perencanaan tindakan (planning), (2) melaksanakan tindakan (action), (3) mengobservasi hasil tindakan (observing), (4) melakukan refleksi (reflecting).Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Data diperoleh pada setiap tahapan penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi dan tes formatif. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat baca dan tulis. Hal ini dapat dilihat sebelum pelaksanaan penelitian tindakan kelas rata-rata persentase minat baca dan tulis siswa hanya 28,12 % setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus kesatu dan pada siklus kedua dengan materi yang berbeda terdapat peningkatan yang rata-rata 85,93. Sedangkan ketuntasan hasil belajar pada siklus kesatu dan pada siklus kedua adalah 93,75 %, walaupun di sana-sini masih banyak kekurangan. Kata kunci: metode CIRC, aktivitas belajar, hasil belajar