Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Jagabaya 1 di Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar lampung. Penelitian menggunakan pendekatan tindakan kelas dengan dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data dengan melalui observasi dan tes. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan PTK diharapkan tercapai proses belajar mengajar yang efektif dan efisien, karena dalam penelitian tindakan terdapat kata “tindakan”, artinya dalam hal ini guru melakukan sesuatu. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar pada siklus I rata-rata didapat 58,24 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang, terjadi peningkatan pada siklus I dan II dengan rata-rata 64,08 menjadi 70,96 dengan kenaikan sebesar 6,88. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan perbaikan pembelajaran sudah tercapai. Kata Kunci : Model Kooperatif, Prestasi Belajar.