ctrlnum 136
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN&#xD; (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 OKU&#xD; Semester GenapTahun Pelajaran 2012/2013)</title><creator>Nainggolan, VIVI ALVIONITA. N</creator><subject>L Education (General) = Pendidikan </subject><subject>Q Science (General)</subject><subject>QH301 Biology</subject><description>Hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 14 OKU, diketahui bahwa aktivitas belajar siswa belum optimal dan penguasaan materi oleh siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi oleh siswa, salah satunya dengan menggunakan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media video terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa.&#xD; Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI1 dan XI2 yang dipilih dari populasi secara random sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa dan dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif berupa penguasaan materi yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t.&#xD; VIVI ALVIONITA&#xD; iii&#xD; Hasil penelitian aktivitas belajar siswa dari semua aspek rata-rata berkriteria tinggi. Pada aspek kemampuan mengemukakan ide/pendapat yaitu 77,4, pada aspek kemampuan bertanya yaitu 89,7, dan aspek kemampuan menjawab pertanyaan yaitu 85,7. Penguasaan materi juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes sebesar 32,0, nilai postes 80,4 dan N-gain 0,71. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media video berperangaruh terhadap aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap penguasaan materi sistem pernapasan oleh siswa.&#xD; Kata kunci : aktivitas belajar, media video, penguasaan materi, dan sistem pernapasan.</description><publisher>Fakultas KIP</publisher><date>2013-09-23</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/136/1/2.%20COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/136/2/1.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/136/3/4.%20HALAMAN%20MENYETUJUI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/136/4/6.%20HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/136/5/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/136/6/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/136/7/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/136/8/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/136/9/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/136/10/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/136/11/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Document:Archive</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/136/12/LAMPIRAN.zip</identifier><identifier> Nainggolan, VIVI ALVIONITA. N (2013) PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 OKU Semester GenapTahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas KIP, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/136/</relation><recordID>136</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Document:Archive
Document
Report:Report
Report
author Nainggolan, VIVI ALVIONITA. N
title PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 OKU Semester GenapTahun Pelajaran 2012/2013)
publisher Fakultas KIP
publishDate 2013
topic L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General)
QH301 Biology
url http://digilib.unila.ac.id/136/1/2.%20COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/136/2/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/136/3/4.%20HALAMAN%20MENYETUJUI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/136/4/6.%20HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/136/5/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/136/6/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/136/7/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/136/8/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/136/9/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/136/10/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/136/11/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/136/12/LAMPIRAN.zip
http://digilib.unila.ac.id/136/
contents Hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 14 OKU, diketahui bahwa aktivitas belajar siswa belum optimal dan penguasaan materi oleh siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi oleh siswa, salah satunya dengan menggunakan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media video terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI1 dan XI2 yang dipilih dari populasi secara random sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa dan dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif berupa penguasaan materi yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. VIVI ALVIONITA iii Hasil penelitian aktivitas belajar siswa dari semua aspek rata-rata berkriteria tinggi. Pada aspek kemampuan mengemukakan ide/pendapat yaitu 77,4, pada aspek kemampuan bertanya yaitu 89,7, dan aspek kemampuan menjawab pertanyaan yaitu 85,7. Penguasaan materi juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes sebesar 32,0, nilai postes 80,4 dan N-gain 0,71. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media video berperangaruh terhadap aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap penguasaan materi sistem pernapasan oleh siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, media video, penguasaan materi, dan sistem pernapasan.
id IOS4198.136
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:02:58Z
last_indexed 2017-04-20T08:02:58Z
recordtype dc
_version_ 1686096513109852160
score 17.538404