UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KAYANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 WAY HARONG PESAWARAN
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki pembelajaran kayang melalui alat bantu berupa kardus dan orang dengan berbagai posisi pada siswa kelas V di SD Negeri 6 Way Harong Kabupaten Pesawaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 6 Way Harong Kabupaten Pesawaran yang berjumlah 34 siswa, dengan perincian 15 laki-laki dan 19 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan menggunakan instrumen penilaian tes keterampilan gerak dasar kayang. Hasil penelitian menunjukkan: setiap siklus adanya perbaikan hasil belajar kayang, dan bila dilihat dari KKM pada tes awal diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar sebesar 32,35%, pada siklus kesatu diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 61,76%, ternyata dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar kayang secara signifikan dan pada siklus kedua diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 94,12%, berdasarkan nilai rerata untuk meningkatkan hasil pembelajaran harus diberi perlakuan yang sesuai dengan metode yang telah ditetapkan. Hasil peningkatan ≥ 50% itu artinya hasil pembelajaran kayang dengan alat bantu yang digunakan menunjukan telah terjadi peningkatan. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kayang pada siswa kelas V SD Negeri 6 Way Harong sangat efektif setelah menggunakan alat bantu berupa kardus dan kawannya sendiri.