PENGARUH CARA BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SEMESTER GANJIL SMK MUTIARA NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
ctrlnum |
1341 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH CARA BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR
AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI
SEMESTER GANJIL SMK MUTIARA
NATAR LAMPUNG SELATAN
TAHUN PELAJARAN
2011/2012</title><creator>M. Tohir, Desi Safitri</creator><subject>HB Economic Theory</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Keberhasilan pendidikan di suatu tempat dapat dilihat dari prestasi yang diperoleh peserta didik. Secara umum hal-hal yang mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi/ hasil belajar diantaranya adalah cara belajar dan pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cara belajar dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi Semester Ganjil SMK Mutiara Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekaan ex post facto dan survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Mutiara Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah sebanyak 78 siswa. Dikarenakan jumlah populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 orang maka penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan Regresi Linier Sederhana, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan Regresi Linier Multiple.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Ada pengaruh yang positif antara cara belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi Semester Ganjil SMK Mutiara Natar Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan koefisien korelasi r2= 0,351 ,(2) Ada pengaruh yang positif antara pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi Semester Ganjil SMK Mutiara Natar Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan koefisien korelasi r2= 0,220 , dan (3) Ada pengaruh yang positif antara cara belajar dan pemanfataan media pembelajaran terhadap hasil belajar akuntasi siswa kelas XI Akuntansi Semester Ganjil SMK Mutiara Natar Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan koefisien korelasi R₂ = 0,488.
Kata kunci: cara Belajar, pemanfaatan media pembelajaran dan Hasil Belajar Akuntansi</description><publisher>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</publisher><date>2013-02-03</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1341/1/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1341/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1341/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1341/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1341/5/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1341/6/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1341/7/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1341/8/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1341/9/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1341/10/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1341/11/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1341/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Document:Archive</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1341/13/LAMPIRAN.zip</identifier><identifier> M. Tohir, Desi Safitri (2013) PENGARUH CARA BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SEMESTER GANJIL SMK MUTIARA NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/1341/</relation><recordID>1341</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Document:Archive Document Report:Report Report |
author |
M. Tohir, Desi Safitri |
title |
PENGARUH CARA BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR
AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI
SEMESTER GANJIL SMK MUTIARA
NATAR LAMPUNG SELATAN
TAHUN PELAJARAN
2011/2012 |
publisher |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
publishDate |
2013 |
topic |
HB Economic Theory LB Theory and practice of education |
url |
http://digilib.unila.ac.id/1341/1/COVER%20DALAM.pdf http://digilib.unila.ac.id/1341/2/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/1341/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1341/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1341/5/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1341/6/DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/1341/7/BAB%20I.pdf http://digilib.unila.ac.id/1341/8/BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/1341/9/BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/1341/10/BAB%20IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/1341/11/BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/1341/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unila.ac.id/1341/13/LAMPIRAN.zip http://digilib.unila.ac.id/1341/ |
contents |
Keberhasilan pendidikan di suatu tempat dapat dilihat dari prestasi yang diperoleh peserta didik. Secara umum hal-hal yang mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi/ hasil belajar diantaranya adalah cara belajar dan pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cara belajar dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi Semester Ganjil SMK Mutiara Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekaan ex post facto dan survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Mutiara Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah sebanyak 78 siswa. Dikarenakan jumlah populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 orang maka penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan Regresi Linier Sederhana, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan Regresi Linier Multiple.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Ada pengaruh yang positif antara cara belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi Semester Ganjil SMK Mutiara Natar Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan koefisien korelasi r2= 0,351 ,(2) Ada pengaruh yang positif antara pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi Semester Ganjil SMK Mutiara Natar Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan koefisien korelasi r2= 0,220 , dan (3) Ada pengaruh yang positif antara cara belajar dan pemanfataan media pembelajaran terhadap hasil belajar akuntasi siswa kelas XI Akuntansi Semester Ganjil SMK Mutiara Natar Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan koefisien korelasi R2 = 0,488.
Kata kunci: cara Belajar, pemanfaatan media pembelajaran dan Hasil Belajar Akuntansi |
id |
IOS4198.1341 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:04:58Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:04:58Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096522349903872 |
score |
17.538404 |