PERBANDINGAN LIFE SKILLANTARAJIGSAWDANVCTDENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan Life Skill siswa antara yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan VCT (Value Clarification Technique) dengan memperhatikan konsep diri pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gadingrejo, Pringsewu TahunAjaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan Life Skill serta interaksi antara model pembelajaran dan konsep diri siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini 133 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi, dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan life skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Jigsaw dibandingkan menggunakan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique). (2) Life Skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Jigsaw lebih tinggi dibandingkan menggunakan VCT (Value Clarification Technique) pada siswa yang memiliki konsep diri yang positif. (3) Life Skill Siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Jigsaw lebih rendah dibandingkan menggunakan VCT(Value Clarification Technique) pada siswa yang memiliki konsep diri yang negatif. (4) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan konsep diri siswa terhadap Life Skill pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kata kunci: Life Skill, Konsep Diri, Jigsaw, dan VCT (Value Clarification Technique)