Daftar Isi:
  • ABSTRAK INDONESIA Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah instrumen penilaian ranah pengetahuan dan keterampilan untuk pembelajaran teks eksposisi di SMA. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan instrumen penilaian ranah pengetahuan dan keterampilan yang akan diterapkan pada materi teks eksposisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X yang dapat digunakan sebagai penilaian di kelas. Penelitian ini menggunakan metode desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi. Uji coba produk dilakukan oleh dosen FKIP Unila yang ahli dalam bidang evaluasi, uji coba produk dilakukan oleh guru bahasa Indonesia di SMAN 1 Kotaagung, dan uji coba pemakaian dilakukan oleh siswa di SMAN 1 Kotaagung. Teknik pengumpulan data berupa angket. Penelitian ini menghasilkan perangkat instrumen penilaian yang terdiri dari desain produk (gambaran umum perangkat penilaian yang akan dibuat), kisi-kisi instrumen penilaian (berisi KI, KD, indikator, materi pembelajaran), instrumen penilaian (PG, B-S ber-alasan, Uraian), kunci jawaban, rubrik penilaian, pedoman penskoran, lembar rekapitulasi nilai akhir siswa, lembar penilaian proses, dan lembar penilaian diri siswa (sikap jujur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang telah dikembangkan layak digunakan dalam menilai kemampuan pengetahuan dan keterampilan siswa. Hasil penelitian ini dikatakan layak karena skor rata-rata yang diperoleh dari angket uji ahli untuk aspek konstruksi 3,5, aspek substansi 3,5, dan aspek bahasa 3,62 sehingga perangkat penilaian layak untuk digunakan. Kata kunci: eksposisi, pengembangan instrumen, penilaian.