Daftar Isi:
  • abstrak indonesia Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based instruction terhadap self-efficacy dan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIE SMPN 1 Seputih Mataram yang dipilih secara purposive sampling. Data hasil belajar diperoleh dari pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis dengan uji Anova. Data kualitatif berupa self-efficacy diperoleh dari angket self-efficacy siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen berkriteria “sedang” (57,73). Peningkatan self-efficacy dalam aspek pencapaian kinerja yang diamati pada kelas eksperimen berkriteria “pada umumnya” (68%). Dengan demikian, disimpulkan bahwa problem based instruction meningkatkan hasil belajar siswa dan berpengaruh terhadap self-efficacy siswa. Kata kunci : hasil belajar, self-efficacy,problem, based instruction