ctrlnum 12933
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK&#xD; PADA KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG&#xD; TAHUN PELAJARAN 2014/2015</title><creator>YOLANDA PRIYANDANI, 1113041076</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>P Philology. Linguistics</subject><description>Masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan&#xD; penilaian pembelajaran menulis teks cerita pendek pada kelas VII SMP Negeri 13&#xD; Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk&#xD; mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran,&#xD; dan (3) penilaian pembelajaran menulis teks cerita pendek.&#xD; Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data&#xD; pada penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menulis&#xD; teks cerita pendek yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.&#xD; Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara, dan&#xD; dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan&#xD; menarik kesmpulan/verifikasi.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan yakni&#xD; perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Rencana pelaksanaan&#xD; pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru terdapat komponen yang tidak sesuai&#xD; yaitu kunci jawaban soal yang tidak dicantumkan pada RPP dan skenario&#xD; pembelajaran tidak dijelaskan secara runtut sehingga saat pembelajaran dikelas,&#xD; alokasi waktu yang telah direncanakan yaitu 2 pertemuan tidak sesuai menjadi 5&#xD; pertemuan. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas&#xD; guru dan siswa. Aktivitas yang dilakukan oleh guru meliputi tiga kegiatan, yaitu&#xD; kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan&#xD; pendahuluan guru telah melakukan semua indikator. Pada kegiatan inti, guru telah&#xD; melakukan semua indikator tetapi terdapat ketidaksesuaian alokasi waktu yang&#xD; direncanakan pada RPP dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Saat kegiatan&#xD; penutup, guru tidak melaksanakan kegiatan refleksi atau membuat rangkuman dan tidak memberikan tes lisan atau tulisan. Aktivitas siswa di kelas sesuai dengan&#xD; pendekatan saintific. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian&#xD; kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.</description><publisher>FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN</publisher><date>2015-08-14</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/3/COVER%20LUAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/5/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/6/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/7/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/8/MENGESAHKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/118/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/9/MENYETUJUI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/10/MOTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/11/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/13/SANWACANA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/14/SURAT%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/15/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/16/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/119/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/18/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/19/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> YOLANDA PRIYANDANI, 1113041076 (2015) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/12933/</relation><recordID>12933</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author YOLANDA PRIYANDANI, 1113041076
title PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
publisher FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
publishDate 2015
isbn 9781113041074
topic LB Theory and practice of education
P Philology. Linguistics
url http://digilib.unila.ac.id/12933/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/3/COVER%20LUAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/5/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/6/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/7/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/8/MENGESAHKAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/118/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/9/MENYETUJUI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/10/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/11/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/13/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/14/SURAT%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/15/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/16/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/119/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/18/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/19/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12933/
contents Masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis teks cerita pendek pada kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) penilaian pembelajaran menulis teks cerita pendek. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesmpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru terdapat komponen yang tidak sesuai yaitu kunci jawaban soal yang tidak dicantumkan pada RPP dan skenario pembelajaran tidak dijelaskan secara runtut sehingga saat pembelajaran dikelas, alokasi waktu yang telah direncanakan yaitu 2 pertemuan tidak sesuai menjadi 5 pertemuan. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan siswa. Aktivitas yang dilakukan oleh guru meliputi tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan pendahuluan guru telah melakukan semua indikator. Pada kegiatan inti, guru telah melakukan semua indikator tetapi terdapat ketidaksesuaian alokasi waktu yang direncanakan pada RPP dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Saat kegiatan penutup, guru tidak melaksanakan kegiatan refleksi atau membuat rangkuman dan tidak memberikan tes lisan atau tulisan. Aktivitas siswa di kelas sesuai dengan pendekatan saintific. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
id IOS4198.12933
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:21:11Z
last_indexed 2017-04-20T08:21:11Z
recordtype dc
_version_ 1686096698379599872
score 17.538404