PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
ctrlnum |
12933 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK
PADA KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2014/2015</title><creator>YOLANDA PRIYANDANI, 1113041076</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>P Philology. Linguistics</subject><description>Masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan
penilaian pembelajaran menulis teks cerita pendek pada kelas VII SMP Negeri 13
Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran,
dan (3) penilaian pembelajaran menulis teks cerita pendek.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data
pada penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menulis
teks cerita pendek yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan
menarik kesmpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan yakni
perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru terdapat komponen yang tidak sesuai
yaitu kunci jawaban soal yang tidak dicantumkan pada RPP dan skenario
pembelajaran tidak dijelaskan secara runtut sehingga saat pembelajaran dikelas,
alokasi waktu yang telah direncanakan yaitu 2 pertemuan tidak sesuai menjadi 5
pertemuan. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas
guru dan siswa. Aktivitas yang dilakukan oleh guru meliputi tiga kegiatan, yaitu
kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan
pendahuluan guru telah melakukan semua indikator. Pada kegiatan inti, guru telah
melakukan semua indikator tetapi terdapat ketidaksesuaian alokasi waktu yang
direncanakan pada RPP dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Saat kegiatan
penutup, guru tidak melaksanakan kegiatan refleksi atau membuat rangkuman dan tidak memberikan tes lisan atau tulisan. Aktivitas siswa di kelas sesuai dengan
pendekatan saintific. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian
kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.</description><publisher>FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN</publisher><date>2015-08-14</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/3/COVER%20LUAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/5/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/6/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/7/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/8/MENGESAHKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/118/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/9/MENYETUJUI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/10/MOTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/11/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/13/SANWACANA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/14/SURAT%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/15/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/16/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/119/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/18/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/19/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12933/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> YOLANDA PRIYANDANI, 1113041076 (2015) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/12933/</relation><recordID>12933</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
YOLANDA PRIYANDANI, 1113041076 |
title |
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK
PADA KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2014/2015 |
publisher |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
publishDate |
2015 |
isbn |
9781113041074 |
topic |
LB Theory and practice of education P Philology. Linguistics |
url |
http://digilib.unila.ac.id/12933/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/3/COVER%20LUAR.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/5/DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/6/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/7/DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/8/MENGESAHKAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/118/COVER%20DALAM.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/9/MENYETUJUI.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/10/MOTO.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/11/PERSEMBAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/13/SANWACANA.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/14/SURAT%20PERNYATAAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/15/BAB%20I.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/16/BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/119/BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/18/BAB%20IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/19/BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unila.ac.id/12933/ |
contents |
Masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan
penilaian pembelajaran menulis teks cerita pendek pada kelas VII SMP Negeri 13
Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran,
dan (3) penilaian pembelajaran menulis teks cerita pendek.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data
pada penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menulis
teks cerita pendek yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan
menarik kesmpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan yakni
perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru terdapat komponen yang tidak sesuai
yaitu kunci jawaban soal yang tidak dicantumkan pada RPP dan skenario
pembelajaran tidak dijelaskan secara runtut sehingga saat pembelajaran dikelas,
alokasi waktu yang telah direncanakan yaitu 2 pertemuan tidak sesuai menjadi 5
pertemuan. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas
guru dan siswa. Aktivitas yang dilakukan oleh guru meliputi tiga kegiatan, yaitu
kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan
pendahuluan guru telah melakukan semua indikator. Pada kegiatan inti, guru telah
melakukan semua indikator tetapi terdapat ketidaksesuaian alokasi waktu yang
direncanakan pada RPP dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Saat kegiatan
penutup, guru tidak melaksanakan kegiatan refleksi atau membuat rangkuman dan tidak memberikan tes lisan atau tulisan. Aktivitas siswa di kelas sesuai dengan
pendekatan saintific. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian
kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. |
id |
IOS4198.12933 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:21:11Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:21:11Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096698379599872 |
score |
17.538404 |