PENGEMBANGAN LKS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MATERI POKOK HUKUM HOOKE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Main Author: ANTON SUHENRIYADI, 1013022069
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/12889/1/1.%20COVER%20LUAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/2/2.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/3/4.%20COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/4/5.%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/5/6.%20MENGESAHKAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/6/7.%20SURAT%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/7/8.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/8/9.%20PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/9/10.%20MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/10/11.%20SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/12/13.%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/13/14.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/14/15.%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/121/12.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/142/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/15/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/16/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/17/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/118/Bab%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/119/Bab%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/120/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12889/
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan LKS dengan pendekatan saintifik pada materi Hukum Hooke untuk siswa SMA dengan tujuan mengetahui kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan LKS dengan pendekatan saintifik serta mengetahui keefektifan LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok Hukum Hooke dengan pendekatan saintifik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (R & D). Penelitian ini dimulai dari analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi LKS, pengembangan LKS, uji internal, uji eksternal dan pencetakan LKS. Hasil uji kelayakan meliputi uji ahli materi dengan perolehan skor 3,60 dengan kategori sangat baik dan uji ahli desain dengan tiga jenis uji yaitu kelayakan penyajian diperoleh skor 2,80 dengan kategori baik selanjutnya dengan kelayakan bahasa dengan perolehan skor 2,75 dengan kategori baik dan kelayakan grafis LKS diproleh skor 3,00 dengan kategori baik. Hasil uji eksternal meliputi uji kemenarikan diperoleh skor 3,21 dengan kategori menarik, uji kemudahan diperoleh skor 3,23 dengan kategori mudah, dan uji kebermanfaatan diperoleh skor 3,31 dengan kategori bermanfaat. LKS yang dikembangkan efektif sebagai media belajar dilihat dari hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS pembelajaran mencapai 100% siswa yang tuntas KKM. Kata kunci: LKS, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, pendekatan saintifik.